Breaking News

5 Jenis Susu yang Sering Dikonsumsi oleh Anak-Anak

5 Jenis Susu yang Sering Dikonsumsi oleh Anak-Anak

Nah, berbicara tentang susu, apa saja sih jenis-jenis susu yang biasa dikonsumsi anak-anak? Berikut ini telah diklasifikasikan jenis-jenis susu yang sering dikonsumsi oleh anak-anak. Simak uraiannya di bawah ini.

Jenis-Jenis Susu bagi Anak-Anak

  1. Susu Bubuk

Susu jenis bubuk merupakan susu yang paling sering ditemui bagi anak-anak, terkhusus untuk anak balita. Susu jenis ini biasanya dijual dalam bentuk kemasan karton di minimarket ataupun toko susu terdekat. Biasanya susu dibedakan berdasarkan usia anak dengan nutrisi yang disesuaikan pula. Susu ini diperoleh dari susu cair yang dihilangkan kadar airnya hingga menjadi butiran butiran bubuk halus. Dalam memilih susu bubuk bagi anak janganlah sembarangan. Pilihlah yang benar-benar memberikan manfaat terbaik bagi si buah hati seperti produk susu Nestle. Salah satu produknya adalah Lactogrow 3 dan Lactogrow 4.

  1. Susu Rendah Lemak

Susu rendah lemak atau low fat milk adalah susu yang memiliki kandungan lemak rendah. Susu ini cocok bagi anak yang memiliki kelebihan berat badan untuk mengurangi risiko terkena diabetes. Susu jenis ini umumnya hanya mengandung 0,5 % – 1,5 % lemak dengan kalori dalam lemak 23 %.

  1. Susu Skim

Apabila susu rendah lemak hanya mengandung sedikit lemak, maka berbeda dengan susu skim. Susu skim adalah susu tanpa lemak. Meskipun demikian, pada kenyataannya susu ini masih memiliki kandungan lemak walau sangat kecil. Kadar lemaknya di bawah susu rendah lemak atau kurang dari 0,5 % dan maksimal 2 gram. Kalori dalam lemaknya pun hanya sedikit, yaitu sekitar 5 %. Karena kandungannya, susu ini sangat cocok diminum oleh orang yang sedang menjalani diet ketat.

  1. Susu Evaporasi

Susu evaporasi merupakan susu yang diperoleh dengan menghilangkan sekitar 60 % kadar air. Cara yang digunakan adalah dengan melalui penguapan atau evaporasi. Susu jenis ini cara mengonsumsinya sedikit berbeda dengan jenis lainnya. Susu evaporasi tidak diminum langsung, tetapi sebagai bahan tambahan untuk memasak makanan ataupun dijadikan krim. Makanan tersebut biasanya sering dikonsumsi oleh anak-anak. Kandungan susu evaporasi telah diseragamkan dan diperkaya dengan nutrisi lain yang diperlukan.

  1. Susu Kedelai

Bagi yang alergi dengan susu sapi, susu kedelai adalah alternatif paling baik. Misalnya, anak mengalami alergi jika mengonsumsi susu bubuk, cobalah menggantinya dengan susu kedelai atau susu soya ini. Karena diperoleh dari tumbuhan, maka kandungan lemak yang dimiliki adalah lemak nabati, berbeda dengan susu sapi. Kadar lemaknya juga tidak sebanyak pada susu sapi.

Itulah penjelasan singkat mengenai 5 jenis susu yang sering dikonsumsi anak-anak. Pastikan anak mengonsumsi susu terbaik demi kesempurnaan tumbuh kembangnya. Perhatikan pula jenis susu yang dipilih dan kandungan didalamnya. Jangan sampai salah memberikan susu pada anak.