Breaking News

5 Macam Susu yang Bisa Diberikan pada Anak

5 Macam Susu yang Bisa Diberikan pada Anak

Susu dikenal sebagai minuman kaya nutrisi, terlebih lagi jika diberikan pada anak yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Berbagai macam produk susu seperti SGM maupun lainnya bisa jadi salah satu penunjang yang baik untuk perkembangan anak. Produk-produk susu saat ini juga semakin mudah ditemukan di pasaran.

Pilihan susu untuk anak

Sekarang telah banyak tersedia berbagai jenis serta ragam susu yang beredar di pasar. Bahan dasar susu pun beraneka ragam, mulai dari susu yang berbahan dasar dari susu sapi, susu kedelai, susu almond, dan susu lainnya. Nutrisi serta manfaat yang dihasilkan pun juga berbeda sesuai dengan khasiat yang berasal dari susu tersebut. Berikut ini ialah macam-macam pilihan susu yang bagus untuk dikonsumsi anak:

1.     Susu Bubuk

Susu pertama yang bisa dikonsumsi anak ialah susu bubuk. Susu bubuk merupakan susu yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang. Pengolahan susu jenis ini juga sangat mudah. Anda hanya perlu mengambil beberapa takar bubuk susu tersebut dan mencampurkannya pada air hangat serta mengaduknya kemudian susu siap dihidangkan.

2.     Susu Full Cream

Susu jenis ini merupakan susu yang dikenal dengan kandungan lemak di dalamnya yang tergolong lumayan tinggi dibanding yang lain. Sekitar 3,25% kandungan lemak terdapat dalam susu tersebut. Ada berbagai produk susu full cream seperti SGM yang bisa dengan mudah Anda temukan di toko atau minimarket di sekitar rumah.

3.     Susu Rendah Lemak

Teruntuk Anda yang tengah mencari susu dengan kadar lemak yang rendah, maka susu rendah lemak bisa menjadi solusinya. Susu rendah lemak sendiri memiliki kandungan lemak yang hanya berkisar pada angka 0,5% sampai dengan 1,5%. Jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan susu-susu lain seperti full cream dan susu bubuk.

4.     Susu Skim atau Susu Tanpa Lemak

Susu skim memiliki nama lain yaitu susu tanpa lemak. Walaupun demikian susu skim ini masih memiliki kandungan lemak di dalamnya meski hanya sedikit saja. Susu ini telah diolah sedemikian rupa sehingga kandungannya tak lebih dari 0,5% lemak atau setara dengan 2 gr lemak.

5.     Susu UHT (Ultra High Temperature)

Susu UHT merupakan susu yang proses pembuatannya dibuat dengan suhu yang sangat tinggi. Suhu tinggi tersebut digunakan agar mikroorganisme yang terdapat dalam susu akan lenyap dan susu juga bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama. Susu jenis ini biasanya disenangi anak-anak karena memiliki banyak varian rasa yang segar dan manis.

Di atas ialah beberapa pilihan susu yang bisa digunakan untuk anak. Ada berbagai macam pilihan susu SGM maupun susu lain yang tersedia di pasaran. Anda dapat menemukannya di toko belanja perlengkapan bayi maupun toko biasa lainnya, baik luring maupun daring.