Breaking News

5 Tips Pemberian Susu Pertumbuhan untuk Anak

Pertumbuhan anak membutuhkan nutrisi yang bisa didukung dengan pemberian susu pertumbuhan untuk anak. Anda hanya perlu waktu untuk memilih dan menemukan susu yang cocok. Di mana kandungan nutrisi yang beragama di setiap brand menjadi keunggulannya masing-masing. Berikut tips pemberian susu pada anak.

1.   Waktu yang Tepat Memberikan Susu

Berikan susu di pagi hari bisa membantu meningkatkan energi anak agar bisa aktif melakukan aktivitas dan fokus. Waktu terbaik lainnya untuk memberikan susu pertumbuhan adalah di malam hari. Di mana nantinya akan membantu anak bisa tidur lebih nyenyak. Adanya  zat triptofan di dalam susu membantu pembentukan hormon melatonin dengan fungsi dapat meningkatkan kualitas tidur anak. Dua waktu yang juga mudah untuk dijadikan kebiasaan.

2.   Pembuatan Susu yang Benar

Tips pemberian susu pertumbuhan dengan melakukan pembuatan susu yang benar. Pastikan tangan dalam keadaan bersih yang disarankan Anda mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun di air mengalir. Gunakan air hangat ke dalam botol atau wadah yang digunakan sesuai ukurannya.

Banyak air juga bisa mengikuti takaran yang ada pada petunjuk pembuatan susu di bagian kemasannya. Takaran yang tepat akan menyajikan susu dengan rasa enak. Pastikan Anda sudah mengaduk susi sampai semuanya larut. Setelah itu bisa diberikan kepada anak.

3.   Jumlah Pemberian Sesuai Usia

Susu pertumbuhan ini banyaknya pemberian harus disesuaikan dengan usia anak. Entah diberikan dua kali sehari atau tiga kali sehari bisa disesuaikan dengan jenis susunya. Setiap brand susu memiliki ketentuan yang berbeda-beda sesuai jenis susu dan usia anak. Hanya saja pastikan di setiap pemberian susu tidak mendekati jadwal makan anak.

4.   Coba Pelan-Pelan

Buat anak yang tumbuh dengan ASI sejak awal kelahiran tentu susah untuk beralih ke susu pertumbuhan, apalagi jika Anda memulai pemberiannya di saat akan menyapih anak. Jadi, jangan tergesa-gesa lakukan pemberian susu perlahan-lahan saja sampai anak menyukainya. Anda bisa memberikannya sedikit terlebih dahulu untuk melihat respon anak.

Coba satu persatu varian rasa sampai menemukan varian yang disukai anak. Beruntung jika anak tidak banyak memilih sekali diberikan langsung mau. Lantas jangan pernah putus asa untuk menemukan susu pertumbuhan terbaik agar bisa mendukung tumbuh kembang anak secara optimal.

5.   Simpan di Wadah Kedap Udara

Jangan lupa setelah pemberian susu pertumbuhannya simpanlah di wadah kedap udara. Anda barangkali sering menganggap tips bagian ini sepele, lantas ini merupakan bagian yang penting agar kualitas susu tetap terjaga.

Tips mendapatkan susu pertumbuhan untuk anak yang tepat bisa didapatkan informasinya dari berbagai sumber. Hanya saja mencobanya juga tak jadi masalah, tinggal sigap saja untuk melihat tanda-tanda jika anak mengalami ketidakcocokan dengan susunya. Lakukan penggantian susu jika anak mengalami diare.