Cara Mengecilkan Paha Agar Penampilan Tetap Terjaga

Cara Mengecilkan Paha – Untuk kamu yang terbiasa memperhatikan penampilan tubuh, paha dan betis menjadi salah satu permasalahan yang dialami kebanyakan orang. Hal ini menjadi sebuah mimpi buruk terlebih untuk seorang wanita.

Tubuh akan kelihatan gemuk, paha dan betis yang isinya lemak akan menjadikan penampilan kurang enak dipandang mata dan menjadikan kamu kurang percaya diri ketika memakai pakaian tertentu, seperti celana skinnu, rok mini, dress, dan lainnya.

Itu sebabnya banyak wanita yang tidak menyukai betis dan pahanya besar karena lemak. Para wanita rela melakukan apa saja agar paha dan betis mereka sesuai dengan keinginan mereka. Ada yang melakukan dengan cara instan seperti sedot lemak smapai olahraga yang melampaui batas wajar.

Sayangnya, untuk menghilangkan lemak pada paha dan betis tak segampang membalikan telapak tangan. Para ahli kesehatan menyatakan bahwa tempat favorit lemak mudah bersarang berada di daerah perut, paha dan betis. Ada beberapa faktor yang menyebabkan demikaian seperti adanya faktor genetik, obesitas, dan lainnya.

Cara Mengecilkan Paha dan Betis

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lemak yang ada di paha. Caranya lumayan gampang dan kamu tak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Langsung saja inilah 6 cara menghilangkan lemak pada paha:

Olahraga Kardiovaskular

kardiovaskular
www.fitnessformen.co.id

Olahraga kardiovasakular adalah salah satu jenis olahraga yang lumayan terkenal sebagai salah satu cara untuk mengecilkan paha. Dengan olahraga ini banyak orang yang membuktikan ampuh membakar lemak pada tubuh. Contohnya lari pagi, naik turun tangga, lompat tali, dan jalan cepat. Dari beberapa studi, kamu hanya perlu meluangkan waktu kamu latihan kardio 30 menit saja dalam sehari.

Baca Juga: 7 Bahaya Obesitas yang Nggak Ada Ruginya Kamu Ketahui!

Kamu juga bisa berlatih di tempat fitness seperti treadmill, elliptical trainer, atau bisa juga stationary bike. Alat-alat tersebut sangat efektif untuk menghilangkan kelebihan lemak pada tubuh. Supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu, terutama untuk kamu yang memiliki riwayat penyakit.

Olahraga Kaki

olahraga kaki
www.cpmrmed.com

Cara yang berikutnya yang bisa kamu coba untuk mengecilkan paha adalah dengan olahraga kaki. Olahraga ini adalah olaharaga yang paling mudah dan simpel tanpa membutuhkan alat apapun. Olahraga ini terbagi menjadi beberapa bagian:

Calf Raise

Calf Raise
popsugar.com

Calf Raise adalah latihan yang biasa dipakai sebab gerakannya sangat gampang. Kamu hanya perlu berjinjit, lalu berdiri dengan normal. Ualang gerekan itu sampai 15x gerakan. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan beban sesuai dengan kemampuan.

Lunge

lunge
pinterest.com

Untuk melakukan latihan ini lumayan mudah. Hal yang kamu lakukan pertama ialah berdiri dengan posisi tegak. Lalu ajukan kaki sebelah kanan ke depan satu langkah. Lutut kaki sebelah kiri ditekuk sampai menyentuh lantai. Kemudian, kembali ke posisi semula. Lakukan gerakan tersebut sampai 15x gerakan.

Squad Jump

squad jump
mensfitness.com

Squad jump dilakukan dengan berdiri tegak, dimana kedua kaki dibuka sedikit melebar. Lalu tekuk lutut kamu layakanya orang duduk sampai paha sejajar dengan lantai, untuk tangan letakkan di pinggang. Tahan posisi itu dan ambil nafas sedalam mungkin. Kemudian, lompat sambil mengeluarkan nafar. Kerjakan gerakan itu berulang-ulang. Supaya hasilnya maksimal, kamu bisa melakukannya dengan menambah beban.

Bersepeda

bersepeda
tipsperawatancantik.com

Banyak orang percaya dengan olahraga dengan bersepeda akan menjadikan betis menajdi besar. Kenyataannya, anggapan itu tidaklah benar alias hanya mitos saja.

Dengan bersepeda justru bisa mengecilkan paha dengan cara menghilangkan lemak di dalam tubuh. Selain itu, bersepeda juga bisa menjadikan otot kita menjadi kencang dan kesehatan jantung terjaga.

Berenang

cara mengecilkan paha dengan berenang

Berenang adalah salah satu bentuk olahraga paling simpel yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Ketika anda berenang maka otot dalam tubuh anda akan bekerja hampir seluruhnya terutama bagian paha yang cukup banyak bergerak, hal ini dapat mebuat otot tubuh menjadi lebih kencang dan sehat tentunya.

Berikut dibawah ini ada beberapa tips jika anda ingin berenang;

  1. Rutin berenang setidaknya 30-40 menit setiap harinya.
  2. Berenag dengan gaya kupu-kupu, dada dan punggung.
  3. Apabila anda tidak bisa melakukan gaya dalam berenang, maka anda dapat merendam kaki dan paha kedalam air.
  4. Lakukan gerakan kaki ringan seperti menendang, menekuk lutut atau mengangkat.
  5. Bergantian untuk melakukan berdiri dengan kaki satu di dalam air.

Yoga

yoga

Jika anda pernah mendengar olahraga yoga maka yang terlintas dipikiran adalah olahraga yang ringan dan penuh dengan meditasi, gerakan pada Yoga ini dapat mengecilkan paha dan juga betis atau bisa juga untuk mengurangi lemak dalam tubuh.

Yoga juga dapat meningkatkan kekuatan, fleksibel gerak dan juga dapat menenangkan fikiran.

Salah satu cara untuk merilekskan seluruh tubuh adalah dengan Sun Salutation yaitu seperti pada bagian pinggul, paha dan betis. Lakukan Sun Salutation ini setidaknya sebanyak 2 kali dalam sehari untuk hasil yang memuasakan.

Hindari Junk Food

junk food
continentalhospitals.com

Tahukah anda apa itu Junk Food? atau jika di terjemahkan menjadi “Makanan sampah” seperti berbagai makanan cepat saji yang sering kita temui dikota besar seperti Pizza, mie instant, burger, kentang goreng atau makanan lain yang banyak mengandung lemak jenuh dengan kadar yang tinggi, makanan seperti itu sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi terus menerus.

Baca Juga: Pengertian Metabolisme Sel, Anabolisme dan Katabolisme

Selain dapat merusak kesehatan tubuh, makanan Junk Food juga dapat membuat obesitas dan tentunya akan membuat paha anda menjadi besar dan penuh lemak, yang lebih bahaya lagi akan mengakibatkan munculnya berbagai penyakit seperti diabetes, jantung, dan juga hipertensi.

Konsumsi Air Putih

minum air putih
Selectoday.com

Banyak mengkonsumsi air putih dapat memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Air putih memiliki fungsi sebagai pelarut lemak yang menumpuk dalam tubuh manusia. Dengan banyak mengkonsumsi air putih, lemak yang berada dalam tubuh perlahan akan berkurang.

Tapi perlu anda ingat yaitu jika anda berlebihan mengkonsumsi air putih juga tidak baik untuk tubuh, karena dapat mengganggu fungsi kerja ginjal.

Baca Juga: Jus Lidah Buaya, Minuman Nikmat Kaya Manfaat

Minum air putih secukupnya saja, jadwalkan minum setiap beberapa menit sekali, haus tidak haus harus tetap minum. Karena menurut studi yang dilakukan, tubuh manusia membtuhkan 8-11 gelas air dalam sehari atau bisa juga 2-3 liter.

Konsumsi Minyak Kelapa

Minyak kelapa ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh diantaranya adalah dapat mengurangi lemak berlebih yang terdapat dalam tubuh manusia, termasuk juga lemak paha dan juga betis.

Asam lemak dalam minyak kelapa akan diserap langsung kedalam tubuh menjadi energi, sehingga tidak tertimbun sebagai lemak jenuh.

Cabe Rawit

Cabai yang memiliki rasa pedas membakar ini juga ternyata dapat mengurangi lemak dalam tubuhh, diketahui bahwasanya cabe rawit dapat berfungsi sebagai pembakar lemak makanan sehingga dapat membantu mengurangi lemak pada pinggul, betis dan juga paha.

Selain beberapa hal diatas Cabe rawit juga ternyata dapat meningkatkan Metabolisme dan juga penghilang racun dalam tubuh.

Itulah tadi beberapa olahraga yang dapat membantu untuk mengecilkan paha dan betis anda, jangan lupa untuk selalu menjaga pola makan sehat anda, hindari juga makanan Junk Food seperti yang kita sebutkan diatas, lakukan dengan hal positif seperti diatas secara rutin dan konsisten.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Leave a Comment