Jus Lidah Buaya, Minuman Nikmat Kaya Manfaat

Lidah buaya atau Aloe Vera telah banyak dikenal masyarakat Indonesia sebagai salah bahan alami untuk perawatan dan nutrisi bagi rambut. Namun tahukah Anda, ternyata, selain sangat berguna untuk perawatan rambut, lidah buaya juga sangat baik untuk kesehatan kulit lho. Yaitu sebagai obat infeksi dan luka.

Aloe vera merupakan jenis tanaman dari spesies tanaman sukulen (succulent). Cirinya yaitu memiliki batang daging yang tebal dan daun yang berduri. Nah, daging dari daun inilah yang dimanfaatkan banyak orang untuk tujuan kesehatan, kecantikan, serta makanan dan minuman.

Tanaman lidah buaya ini termasuk jenis tanaman yang sangat mudah untuk dikembangbiakkan baik itu di kebun ataupun di pekarangan rumah. Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, tentu tanaman lidah buaya memerlukan perawatan khusus.

Selama ini, banyak orang yang memanfaatkan lidah buaya sebagai obat atau perawatan luar tubuh. Akan tetapi sebenarnya tidak hanya bisa dimanfaatkan sebagai obat atau nutrisi untuk perawatan luar saja, kini lidah buaya sudah banyak dimanfaatkan untuk mengobati ataupun mencegah berbagai macam penyakit yang ada di dalam tubuh.

Saking banyaknya manfaat yang terkandung dalam lidah buaya, masyarakat mesir menyebut tanaman lidah buaya sebagai tanaman keabadian.

Sayang seribu sayang, lidah buaya, tanaman yang mengandung seribu manfaat itu, memiliki rasa dan bau yang kurang sedap jika dimakan secara langsung. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang membuat inovasi dan variasi baru dalam mengolah lidah buaya agar nikmat dan tetap bermanfaat.

Salah satu cara paling asik untuk mengonsumsi lidah buaya adalah dengan membuatnya menjadi jus lidah buaya. Dengan menjadikannya jus lidah buaya, maka kandungan nutrisi, vitamin, dan mineralnya yang dipercaya mampu memberikan manfaat penting bagi kesehatan tubuh tidak akan hilang.

Manfaat Jus Lidah Buaya Bagi Tubuh

Anti oksidan alami yang terkandung pada jus lidah buaya dapat membersihkan berbagai macam racun berbahaya di dalam tubuh. Selain anti oksidan, jus lidah buaya juga mengandung asam lemak dan asam amino yang esensial maupun yang non esensial yang mana sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca juga: 10 Manfaat Makanan Berserat bagi Tubuh beserta Daftar Makanannya

Wah, masih banyak manfaat lainnya deh! Begini saja, baca tulisan ini sampai selesai, nanti, pasti Anda akan mengerti mengapa perlu mengonsumsi jus lidah buaya, selain karena rasanya yang enak dan segar tentunya. Di bawah ini akan kami uraikan satu per satu manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan tubuh.

1. Lidah Buaya Sebagai Detoks

manfaat lidah buaya

Racun pada tubuh yang disebabkan oleh aktivitas tidak sehat manusia, seperti merokok, minum alkohol, menghirup polusi, dan lain-lain dapat mengakibatkan kerusakan jaringan tubuh seperti kulit, gagalnya fungsi organ tubuh dan banyak penyakit aneh lainnya yang pastinya tidak Anda inginkan.

Jus lidah buaya mengandung banyak mineral, antioksidan, nutrisi. Semua kandungan yang ada di dalam lidah buaya tersebut dapat bekerja sebagai pembersih racun alami dalam tubuh. Dengan mengonsuminya setiap hari, maka risiko terserang penyakit akbiat racun bisa diminimalisir.

2. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

lidah buaya enak

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, cobalah untuk mengonsumsi jus lidah buaya. Karena jus lidah buaya dapat mengontrol berat badan dan bisa mempertahankan berat badan ideal.

Jus lidah buaya sangat baik untuk membersihkan perut dan melancarkan sistem pencernaan. Lidah buaya juga mengandung nutrisi yang bisa mengurangi penumpukan lemak pada tubuh.

3. Dapat Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

olahan lidah buaya

Sudah tahu kenapa beberapa produk pasta gigi dan obat kumur memiliki kandungan aloe vera di dalamnya? Ya, betul sekali. Lidah buaya punya banyak manfaat untuk kesehatan gigi dan mulut. Lidah buaya juga mengandung anti-mikroba yang dapat mebersihakan bakteri pada gigi dan mulut. Kesegaran jus lidah buaya juga bisa mencegah bau mulut.

Bacaan menarik: Bagaimana Proses, Jenis – Jenis dan Pengertian Metabolisme

Masalah sariwan pada lidah dan gusi juga bisa diatasi dengan jus lidah buaya ini. Jadi sangat lengkap manfaat jus lidah buaya untuk kesehatan mulut dan gigi.

4. Jus Lidah Buaya Dapat Menambah Energi

contoh lidah buaya

Jus lidah buaya sangat aman jika dikonsumsi setiap hari sebagai nutrisi penambah energi tubuh. Selain alami, rasa dari jus ini juga sangat segar. Anda bisa sedikit bereksperimen dengan menambahkan campuran lain, yang alami tentunya.

Secara umum, jika anda mengkonsumsi jus lidah buaya secara rutin, maka tubuh akan distimulus oleh kandungan yang ada di dalamnya. Juga, imun tubuh akan semakin kuat.

5. Dapat Menjaga Kesehatan kulit dan Rambut

Seperti yang dijelaskan diatas, lidah buaya sangat baik untuk merawat kesehatan rambut dan kulit. Hal ini diperkuat dengan banyaknya merk-merk shampo yang menggunakan bahan lidah buaya.

Jika perawatan dari luar saja sudah bagus, apalagi jika pearwatan dilakukan dari dalam. Tentu hasilnya akan lebih maksimal. Kandungan mineral, vitamin dan nutrisinya akan memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan menggantinya dengan yang baru. Sehingga dapat mencegah penuaan dini.

6. Dapat Megatasi Masalah Pencernaan

Anda susah BAB? Sudah coba minum segala obat pencahar namun masih suka sembelit? Sudah mencoba makan daun jambu biji tapi masih belum bisa mengeluarkan apa yang seharusnya dikeluarkan?

Kalau begitu, tidak ada salahnya untuk mencoba ramuan yang satu ini. Yup, jus lidah buaya solusinya. Jus lidah buaya mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan pencernaan.

Jika Anda memiliki pencernaan yang lancar, maka ‘sampah’ dalam tubuh Anda akan keluar di waktu dan tempat yang semestinya, sehingga Anda tidak akan terlambat pergi ke kantor lagi.

Pengunjung juga membaca: Pengertian dan Macam-macam Metabolisme Karbohidrat dalam Tubuh

7. Dapat Mensuplai Kebutuhan Asam Amino Tubuh

Di dalam jus lidah buaya, terdapat setidaknya 19 jenis asam amino, baik itu asam amino esensial dan asam amino non esensial. Kandungan asam amino yang begitu tinggi dalam jus lidah buaya sudah dapat memenuhi sebagian besar kebutuhan asam amino tubuh manusia.

Perlu kamu ketahui, bahwa tubuh manusia memerlukan paling tidak 20 jenis asam amino lho. Asam amino yang dibutuhkan tubuh adalah semua jenis asam amino baik yang esensial maupun non esensial. Dengan mengonsumsi jus lidah buaya saja, kita sudah bisa memenuhi kesembilanbelas jenisnya secara langsung. Menakjubkan ya.

Efek Samping Jus Lidah Buaya

Terlepas dari segala manfaatnya yang begitu banyak bagi tubuh, jus lidah buaya juga ternyata dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh lho.

Inilah dia beberapa efek samping dari mengonsumsi lidah buaya yang bisa terjadi.

Bisa Menimbulkan Reaksi Alergi

Yang namanya alergi, bisa terhadap apa saja, termasuk lidah buaya. Sederhananya begini, kalau Anda punya alergi terhadap salah satu dari benda-benda ini, maka kemungkinan besar Anda juga memiliki alergi yang sama terhadap lidah buaya. Adapun benda-benda tersebut adalah:

  1. Bawang merah
  2. Bawang putih
  3. Tanaman yang masih termasuk keluarga lily

Jika Anda punya riwayat alergi terhadap salah satu atau semua dari benda-benda di atas, jauhilah juga lidah buaya. Ini bisa menimbulkan gatal-gatal dan iritasi pada kulit.

Leave a Comment