Breaking News

Olahraga di Rumah untuk Anak, Mudah Sekali Dilakukan

4 Olahraga di Rumah untuk Anak, Mudah Sekali Dilakukan

Olahraga sangat penting untuk kesehatan tubuh. Prinsip ini harus ditanamkan kepada si kecil sejak dini. Jika tidak, ketika menginjak usia remaja atau dewasa, mereka akan malas berolahraga. Membiasakan olahraga di rumah untuk anak tentu sudah menjadi kewajiban setiap orang tua. Hal ini tidak bisa dicapai secara instan, melainkan harus melalui proses sedikit demi sedikit.

Pada penjelasan kali ini akan dibahas mengenai beberapa olahraga yang cocok dilakukan di rumah bersama orang tua. Sebenarnya ada banyak kegiatan bisa dilakukan di luar rumah seperti lapangan atau gedung olahraga. Namun, karena masih dalam suasana pandemi, lebih disarankan agar berolahraga di rumah saja. Dengan demikian, penyebaran virus bisa ditekan.

Macam-Macam Olahraga untuk Anak

Hula hoop

Hula hoop merupakan permainan sekaligus olahraga yang menyenangkan untuk dimainkan. Oleh karena itu, permainan ini sangat cocok bagi si kecil. Selain itu, kemampuan motorik anak juga akan terlatih. Agar tidak cepat bosan, iringi menggunakan lagu kesayangan mereka. Berikan apresiasi ketika mereka sudah bisa cukup lama menjaga hula hoop tetap di pinggang supaya tambah bersemangat.

Senam

Selanjutnya, senam bisa menjadi salah satu alternatif kegiatan bagi anak yang menyenangkan. Seperti poin sebelumnya, senam sangat cocok dipadukan dengan lagu-lagu gembira. Cobalah mencari beberapa referensi gerakan dan jadikan sebuah set. Hal ini bisa membantu memicu kemampuan daya ingat pada anak. Selain menggerakkan tubuh, otak mereka juga dituntut menghafalkan urutan gerakan.

Menari

Sebenarnya menari hampir mirip dengan senam karena sama-sama melatih kemampuan motorik anak. Akan tetapi, menari lebih memiliki banyak pengembangan yang bisa dilakukan. Bahkan, jika ingin mengajak si kecil berlatih menari, ada banyak sekali tarian tradisional maupun modern. Tentu saja, pilih gerakan tarian sederhana saja agar tidak berpotensi menimbulkan cedera.

Lompat tali

Anak tahun 80-an pasti tidak akan merasa asing dengan lompat tali. Olahraga ini memiliki banyak sekali manfaat seperti melatih ketangkasan, melatih koordinasi tubuh, merangsang daya pikir, dan lain-lain. Agar lebih mengasyikkan, lakukan kegiatan ini bersama teman-teman mereka atau ajak seluruh keluarga bermain.

Cara Mengajarkan Buah Hati Rutin Berolahraga

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar anak terbiasa berolahraga. Pertama, lakukan olahraga sederhana. Kemudian, lakukan olahraga dengan cara menyenangkan. Tidak lupa juga buatlah suasana menyenangkan agar anak tidak terkesan dipaksa namun lebih ke arah bermain. Terakhir, biarkan anak memilih olahraga apa kesukaan mereka. Dengan demikian, tidak akan ada rasa terbebani saat melakukannya.

Jadi, bisa dikatakan ada banyak sekali olahraga di rumah untuk anak bisa dilakukan. Semua tergantung dari bagaimana orang tua membawakannya. Yang jelas, selalu pastikan mood buah hati dalam keadaan baik ketika melakukannya supaya menciptakan pengalaman positif di pikiran bawah sadar mereka.