Breaking News

Pentingnya Menjaga Kesehatan Dan Gigi Bagi Anak Balita

Pentingnya Menjaga Kesehatan Dan Gigi Bagi Anak Balita

Ingin tahu seberapa penting kesehatan dan gizi anak usia dini pada anak balita? Jika iya, kamu sedang berada di pembahasan yang tepat. Pasalnya di artikel ini kami bakal membahas pembahasan tersebut hingga tuntas.

Jika anak tidak terbiasa menjaga kebersihan mulut dan gigi, berbagai penyakit bisa saja muncul. Hal tersebut akan diperparah dengan kondisi anak yang jarang menyikat gigi.

Belum lagi kebiasaan buruk seperti sering konsumsi makanan manis berlebihan ataupun kurangnya minum air putih. Hal tersebut membuat berbagai gangguan seperti :

1. Karies Gigi

Gangguan pada gigi ini sering terjadi pada anak balita. Karies gigi disebabkan karena adanya penumpukan plak di bagian gigi dan juga mulut.

Plak adalah bakteri yang mampu menempel di rongga mulut. Biasanya plak muncul karena ada sisa makanan yang tidak dibersihkan atau juga tidak sikat gigi pada malam hari.

2. Radang Gusi

Gingivitis atau yang disebut sebagai radang gusi disebabkan karena kebersihan gigi dan juga mulut tidak dijaga dengan baik.

Tidak jauh berbeda dengan karies gigi, gangguan tersebut disebabkan penumpukan plak di bagian gigi. Infeksi tersebut membuat gusi menjadi meradang dan mudah berdarah.

3. Periodontitis

Gangguan gusi akan semakin parah jika anak tidak mempunyai kebiasaan membersihkan gigi dengan baik. Gangguan tersebut dikenal dengan nama periodontitis.

Kondisi tersebut menyebabkan infeksi gusi serius yang membuat jaringan lunak dan tulang menjadi mudah rusak.

Gejalanya bisa beragam, mulai dari bau mulut, berubahnya warna gusi jadi merah hingga pendarahan pada bagian gusi.

Kenapa Menjaga Kesehatan dan Gigi Sangat Penting

Banyak alasan kenapa anak harus diajari menjaga kesehatan gigi dengan baik dan secepat mungkin. Berikut beberapa alasan yang harus kamu tahu:

1. Agar terhindar dari penyakit gigi

Sudah pasti efek menjaga kesehatan gigi sedini mungkin membuat si kecil bisa terhindar dari penyakit gigi yang sangat mengganggu daya kembang anak.

Penyakit giginya juga sangat beragam, misalnya seperti yang telah disebutkan di awal tadi. Dengan mengajarkan anak menjaga kesehatan gigi, anak bisa terhindar dari penyakit tersebut.

2. Anak bisa lebih tenang saat ke dokter gigi

Banyak si kecil yang takut saat mereka dibawa ke dokter, termasuk dokter gigi. Nah, dengan menjaga kesehatan gigi, pastinya anak anak lebih tenang saat dibawa ke dokter.

Tentu saja dengan sedikit bimbingan dan juga arahan orang tua.

3. Mengajarkan anak hidup sehat

Agar anak terhindar dari penyakit gigi, sudah pasti orang tua harus mengajarkan anak supaya hidup sehat setiap saat.

Termasuk bagaimana menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak. Selain itu, anak juga harus diajarkan bagaimana hidup tanpa rokok dan kegiatan merugikan lainnya.

Menjaga kesehatan dan gigi pada anak sangatlah penting. Selain anak terhindar dari penyakit, anak juga bisa hidup sehat dan tidak gampang kena penyakit.