6 Faktor Penyebab Gagal Diet Beserta Tips Jitu Untuk Mengatasinya

Gagal dietРTentu setiap orang pastinya ingin sekali mempunyai berat badan yang ideal. Untuk mencapai hal tersebut dapat ditempuh dengan cara diet. Diet merupakan salah satu cara untuk mempercepat metoblisme tubuh. Nah bagaimana jika kita mengalami gagal diet?

Oleh karena itu, kamu perlu membangun lebih banyak otot, minum air es, dan mencoba untuk tidak menghabiskan waktu untuk bermalas-malasan. Tapi ada beberapa faktor lain yang dapat mempengaruhi metabolisme tubuh kamu. Faktor-faktor ini juga dapat menggagalkan program diet kamu.

Faktor Yang Mempengaruhi Metabolisme Tubuh

Terdapat banyak sekali faktor yang mampu mempengaruhi metabolisme tubuh seperti tidak suka minum susu, terlalu sering berada di dlam suhu yang pans, berolahraga tanpa memperhatikan waktu dan masih banyak lagi. Berikut adalah penjelasannya.

Tidak Suka Minum Susu

Diet Gagal
500px.com

Otot sangat penting untuk menjaga metabolisme pada tubuh seseorang dan wanita yang mengkonsumsi susu sebanyak 3 – 7 porsi susu perhari, terbukti mampu menghilangkan banyak lemak dan memperoleh massa otot yang lebih dari wanita yang tidak mengkonsumsi susu setiap harinya. Hal ini menurut penelitian dari McMaster University.

Susu merupakan sumber kasein yang dapat bermanfaat untuk membentuk otot pada tubuh. Otot yang terbentuk dengan sangat baik, berarti metabolisme orang tersebut bagus.

Terlalu Sering Berada di Suhu Panas

Penyebab Diet Gagal
500px.com

Orang yang sedang tidur di kamar dengan suhu 18 Celcius selama kurang lebih 1 bulan, dapat membakar jaringan lemak sebanyak dua kali lipat dari mereka yang tidur dalam ruangan yang bersuhu panas.

Hal ini dikarenakan lemak menjadi jauh lebih aktif ketika berada dalam suhu dingin untuk membantu kita agar tetap hangat. Fakta ini disampaikan oleh Aaron Cypess, MD, yakni seorang ahli endokrinologi di National Institute of Health.

Berolahraga Pada Waktu yang Salah

Solusi Diet
500px.com

Sinar matahari sangat penting untuk kesehatan metabolisme tubuh. Oleh karena itu, berolahraga di luar ruangan pada pagi hari, sangat dianjurkan ketimbang berolahraga di malam hari.

Penelitian menemukan, orang yang selalu terkena matahari di pagi hari mempunyai indeks massa tubuh yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang kurang mendapat sinar matahari pagi.

Terlalu Fokus Pada Waktu, Bukan Intensitas

Tips Diet
500px.com

Latihan interval intensitas yang sangat tinggi lebih efektif untuk mempercepat metabolisme tubuh. Wanita yang melakukan latihan interval intensitas tinggi selama kurang lebih 20 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu akan kehilangan bobot kurang lebih 1,5 kg lebih banyak dibandingkan dengan wanita yang berolahraga selama 40 menit dalam waktu tiga kali dalam seminggu akan tetapi dengan kecepatan yang tetap.

Ngemil dengan Cara yang Salah

Cara Agar Diet Berhasil
500px.com

Bagi kamu yang suka ngemil makanan ringan, sebaiknya memilih cemilan seperti kacang rebus. Penelitian membuktikan bahwa asam lemak tak jenuh ganda, terutama yang ada di dalam kacang kenari, bisa meningkatkan aktivitas pada gen tertentu yang mampu mengontrol pembakaran lemak.

BACA JUGA:Faktor Penyebab Obesitas di Indonesia Beserta Dampak Buruknya

Tidak Teliti dalam Memilih Garam

Faktor Penyebab Diet Gagal
500px.com

Garam laut merupakan bumbu yang paling disukai oleh banyak orang. Namun garam laut ini hanya memiliki sedikit kandungan yodium yang dibutuhkan oleh kelenjar tiroid. Kelenjar ini berguna untuk mengontrol metabolisme tubuh kamu.

Jadi, sebaiknya kamu memilih garam yang memiliki kandungan yodium. Setiap 1/4 sendok teh menyediakan hampir 50% kadar harian yodium yang sangat dianjurkan untuk kamu konsumsi.

Tapi jangan berlebihan dalam mengkonsumsi garam. Hal ini dapat menyebabkan meningkatnya resiko gangguan kardiovaskular. Sumber makanan lain yang mengandung yodium adalah rumput laut, ikan laut, dan telur.

Nah itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan diet kamu gagal total. Oleh karena itu kamu harus mempertimbangkan kembali beberapa hal diatas. Selanjutkan kita akan berbagi tips agar diet yang kamu jalankan tidak gagal alias berhasil. Bagaimana caranya ? Silahkan kamu perhatikan tips-tips dibawah ini.

Tips-tips Ampuh Agar Tidak Gagal Diet

tips agr tidak gagal diet
CaraMedis.com

Mungkin banyak orang yang menjalankan diet untuk memperoleh tubuh yang ideal, namun tidak sedikit orang yang mengalami gagal diet. Hal ini, dikarenakan banyak orang yang menjalani diet tetapi setelah itu mereka tidak mau meninggalkan kebiasaan buruk yang sempat mereka tinggalkan dalam proses diet.

Nah, agar anda tidak mengalami gagal diet kita harus membuat perubahan yang permanen terhadap gaya hidup atau kebiasaan buruk Anda dengan cara mengalihkan kepada kebiasaan sehat untuk mendapatkn hasil yang permanen, bagaimana caranya? simat tips-tips berikut ini.

1. Membuat Komitmen

komitmen untuk mengatasi diet
hipwee

Memang untuk mendapatkan hsil diet yang bagus diperlukan waktu dan tenaga. Bahkan perlu untuk berkomitmen sampai seumur hidup. Komitmen merupakan salah satu faktor terpenting untuk memperkecil gagal diet.

Dengan memiliki komitmen yang kuat pada diri seniri untuk menjalankan program yang diet yang sudah Anda rencanakan untuk memperoleh kebaikan kepada tubuh. Maka Anda akan mampu menghadapi tekanan eksternal yang biasanya sering datang kepada orang terdekat kita yang mana akan membuat Anda gagal diet.

Mungkin untuk mempertahankan komitmen adalah hal yang susah? Namun sebenarnya Anda bisa melakukannya. Bagaimana caranya? Cara terbaik untuk mempertahankan komitmen yang Anda buat sendiri adalah dengan selalu mengingat manfaat yang akan Anda dapatkan setelah menjalankan program diet yang sudah Anda tetapkan.

Agar Anda tidak bosen dalam menjalankan program diet manfaatkanlah waktu luang Anda untuk beraktifitas agar nafsu Anda bisa terkendalikan dengan suatu kegiatan yang bermanfaat. Salah satunya dengan berolahraga dengan rutin atau hal-hal yang lain yang bisa mempercepat program diet Anda.

2. Carilah Dukungan Emosional

mendukung program diet
pixabay

Dungungan emosional sangatlah penting untuk membantu Anda agar tidak mengalmi gagal diet. Memang sebenarnya yang memiliki peran besar untuk membuat berat tubuh Anda menurun adalah Anda sendiri.

Namun Anda juga bisa mencari dukungan melalui pasangan Anda, keluarga, teman-teman atau sahabat yang memiliki masalah yang sama. Pilihlah orang yang senantiasa ingin memberikan hal terbaik untuk Anda.

Mereka adalah orang-orang yang Anda butuhkan untuk selalu mendengarkan pikiran, perasaan serta terus-menerus menyemangati anda, bahkan menghabiskan waktu bersama Anda seperti olahraga bersama demi kesuksesan diet Anda.

3. Pasang Target Yang Realistis

target relistis
Seputarforex

Agar diet yang Anda jalankan bisa mendapatkan hasil yang bagus makan pasang target yang realistis. Kenapa? karena bila Anda memiliki target yang berlebihan, itu nantinya akan membuat Anda putus asa ketika tidak mencapai target yang sudah Anda tentukan dan inilah salah satu faktor yang membuat Anda gagal diet.

4. Penuhi Kebutuhan Dengan Makanan Sehat

makanan sehat untuk diet
Galena

Kebanyakan orang ingin mendapatkan hasil secara instan sehingga sampai mengkonsumsi makanan tidak sewajarnya seperti makanan cair, kapsul diet, dan mengkonsumsi makanan yang sangat sedikit. Yang mana hal tersebut akan membahayakan diri sendiri.

Makanan yang sehat adalah kebutuhan yang sebisa mungkin untuk kita penuhi untuk kebaikan tubuh kita namun jangan sampai berlebihan. Maka dari itu, Nabi SAW mengajarkan “makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang” hadist ini sangat direkomendasikan¬†untuk Anda yang menjalani program diet.

BACA JUGA:Pengertian dan Proses Metabolisme Protein yang Terjadi Dalam Tubuh

5. Merubah Gaya Hidup

hidup sehat
SEHAT.link

Agar program diet Anda berhasil atau Anda takut gagal diet, maka tidak hanya makan makanan yang sehat saja yang harus Anda lakukan tetapi Anda juga harus melakukan perubahan pada gaya hidup Anda.

Salah satunya yakni dengan cara berolahraga secara rutin, meskipun diet Anda telah berhasil. Kenapa? karena menjaga kebiasaan yang baik sangatlah penting untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Mungkin itulah, tips-tips agar Anda tidak mengalami gagal diet atau dengan kata lain membuat diet Anda sukses. Semoga artikel ini bisa membantu Anda dalam menjalankan program diet.

 

Leave a Comment