12 Makanan Penambah Berat Badan untuk Dewasa, Anak, dan Bayi

Berat badan ideal merupakan dambaan setiap insan. Ketika mendapati tubuh terlalu gemuk maupun terlalu  kurus menjadi hal yang kurang nyaman dan mengikis rasa percaya diri. Bagi orang yang dikaruniai tubuh kurus, mereka menginginkan tubuh yang gemuk begitu sebaiknya.

Siapapun Anda yang sedang dirundung kendala dalam hal kurangnya berat badan, atau mungkin teman dan bahkan putra-putri Anda. Berikut berbagai jenis makanan yang akan membantu mengatasi masalah Anda.

Selai kacang

hellosehat.com

Dengan adanya kandungan protein dan lemak, selai kacang bisa menjadi jawaban bagi anda yang ingin menambah berat badan. Takaran satu sendok makan pada selai kacang mengandung 100 kalori dan 4 gram protein.

Disamping itu, selai kacang kaya akan kandungan magnesium, folat, vitamin B3, dan juga vitamin E. Ditambah lagi selai kacang begitu lezat dan sehat sehingga tidak ada pantangan demi menambah berat badan.

Ketika pemilihan produk selai kacang, pilihlah produk yang alami dan murni, tanpa kandungan gula tinggi dan berbagai bahan tambahan lainnya. Telusuri kandungannya pada label/kemasan produk masing-masing. Selai kacang bisa dinikmati  bersamaan dengan roti atau oatmeal.

Alpukat

alpukat penggemuk badan
santeaja.com

Buah yang satu ini sangat baik untuk meningkatkan asupan lemak sehat pada tubuh Anda. Alpukat memiliki kandungan kalori yang tinggi, termasuk diantaranya seperti potasium, asam folat, vitamin E dan vitamin B.

Alpukat dapat dinikmati sebagai campuran salad atau diolah menjadi jus. Selain dalam bentuk jus, Anda  juga bisa mengkonsumsi buah ini secara langsung, bahkan mengkonsumsi secara langsung malah lebih baik dibandingkan dengan di jus terlebih dahulu. Badan sehat penyakit minggat, silahkan dicoba!

 

Roti Gandum

drakemedia.net

Menambah berat badan secara sehat salah satunya dengan Rajin mengkonsumsi roti gandum. Berbeda dengan berbagai roti tawar  yang biasa dimakan oleh orang kebanyakan. Komposisi serat atau fiber dan beberapa mineral yang tidak ada pada roti biasa.

Roti gandum yang diolah dari biji gandum utuh merupakan sumber karbohidrat yang ideal untuk sarapan, juga mengandung lebih banyak serat dibanding roti tawar putih pada umumnya. Roti jenis ini diketahui memiliki  kandungan nutrisi yang tidak sedikit dan bermanfaat untuk tubuh seperti protein, antioksidan, vitamin B,  zat besi, magnesium, dan mineral lainnya.

Kelebihan ini akan membuat lapar anda menjadi teratasi lebih lama ditambah dengan energi yang lebih, di samping lebih sehat untuk pencernaan. Dengan kandungan nutrisi yang ada,  roti gandum  justru lebih menyehatkan.

Mentega

intisari-online

Bentuk produk olahan yang terbuat dari lemak susu hewan yang diproses dengan air, garam dan susu ini merupakan sahabat dapur. Mentega dan margarin memang secara tampilan sangatlah mirip.

Dilihat dari coraknya yang serupa yaitu sebagai pemilik warna  kuning. Selain itu, teksturnya pun hampir sama, ada yang lembut  dan adapula yang kaku seperti sabun batang. Secara kandungan memang hampir sama, terutama dalam jumlah kalorinya.

Akan tetapi, mentega lebih mengandung lemak alami dan memiliki nutrisi yang kaya akan manfaat.

Manfaat yang dikandung dalam mentega mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh) bertegangan tinggi, sehingga anda bisa menggunakannya setiap ada kesempatan. Selain digunakan sebagai olesan di atas roti atau ketika menggoreng telur saat sarapan tentu tidak senikmat kecuali mentega sebagai sumber masakan.

Membuat hidangan lebih berkalori dan lebih nikmat tanpa mengesampingkan proyek Anda untuk menambah berat badan.

Daging Merah

sunone.co.id

Solusi lanjutan jika Anda ingin menambah berat badan, Anda bisa tingkatkan asupan daging merah. Misalnya saja olahan daging semacam steak  yang mengandung banyak protein dan zat besi. Kandungan lemak yang tinggi dalam setiap potongannya akan membantu menaikkan berat badan.

Di samping itu, ada juga potongan daging sapi tenderloin, iga, sosis, soto daging, dan lain sebagainya. Makanan-makanan ini tinggi akan kolesterol, dan cocok untuk kebutuhan anda. Pada kenyataannya daging merah memiliki kandungan nutrisi tinggi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tetapi, sebagian orang menjadi anti untuk mengkonsumsi daging merah, sebagian menyebutkan bahwa daging merah buruk untuk kesehatan. Salah satunya adalah memicu kolesterol tinggi.

Anda bisa ambil yang tidak terlalu banyak kandungan lemaknya, karena seperti yang sudah kita ketahui jika daging terkenal kandungan proteinnya. Sangat cocok sebagai asupan bagi para pemburu postur tubuh ideal.

Pepaya

ibudanbalita.com

Buah pepaya merupakan pemilik banyak manfaat selain bisa digunakan seagai masker wajah, pepaya juga bisa sebagai nutrisi penambah berat badan secara alami. 1000 gram buah epaya mengandung 460 kalori.

Kemudian buah pepaya kaya vitamin A, vitamin C , dan anti-oksidan, pepaya diketahui juga mengandung niasin, fosfor, magnesium, zat besi, kalium, kalsium dan seng. Mengkonsumsi pepaya bisa dimakan langsung atau diolah menjadi jus.

Pisang

manfaatbuahan.com

Selain mudah ditemui dan nikmat dikonsumsi, buah dengan warna kuningnya yang khas ini bisa mendongkrang energi secara instan. Lihat saja para olahragawan, kebanyakan dari mereka merekomendasikan pisang sebagai sumber energi instan.

Nah, bagi Anda yang merasa rendah diri akibat bentuk tubuh yang kurang ideal. Kenikmatan pisang dapat Anda manfaatkan sebagai makanan sehat untuk menambah berat badan karena pada pisang terdapat kandungan lemak tak jenuh, kalori, serta kaya kalsium.

Mangga

imedis.net

Iklim Indonesia yang tropis membuat buah mangga tumbuh subur di negeri ini. Kekayaan vitamin C, gula, dan kalori membuat mangga menjadi salah satu opsi bagi yang ingin menambah berat badan.

1000 gram pada buah mangga memiliki kadar kalori sebesar 720 kalori. Mengkonsumsi buah mangga bisa secara langsung maupun diolah menjadi jus.

Kurma

smartdetoxid.com

Mengkonsumsi buah khas Timur Tengah ini menjadi pilihan bijak bagi yang berkeinginan menaikkan berat badan. Apa yang terdapat pada lima butir kurma, mengandung sekiar 114 kalori sehingga sesuai untuk di jadikan cemilan sehat dalam program menambah berat badan.

Kurma merupakan sumber berbagai mineral dan vitamin yang tidak hanya membantu membuat badan lebih berbobot, tapi juga menjaga kesehatan secara komprehensif. Hanya saja, sangat disarankan supaya jangan berlebihan mengonsumsinya cukup lima butir dalam sehari. Kadar  kalori pada buah kurma berfungsi membantu mencukupi kebutuhan kalori pada tubuh Anda.

Kentang

richel.com

Pola makan para pemburu tambahan berat badan memang tidak persoalan menambah porsi makan, melainkan juga kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kentang merupakan pilihan tepat, karena mengandung protein yang tinggi, selain kandungan serat atau fiber dan vitamin C yang banyak.

Makan kentang dengan kulitnya untuk mendapatkan nutrisi yang lebih optimal. Ketika kentang telah dikupas, proteinnya akan berkurang lebih dari separuhhnya. Tips paling sederhana adalah dengan membersihkan dan merebus kentang, maka anda dapat mengkonsumsinya buah kentang ‘yang utuh’ begitu mereka telah masak.

Keju

intisari-online.com

Apa yang dikandung dalam keju adalah semua nutrisi yang dimiliki susu murni, karena keju memang merupakan hasil olahan dari susu. Keju menjadi salah satu makanan favorit di berbagai tempat.

Sebagian orang hampir selalu bisa mencampurkannya di berbagai santapan Anda bahkan juga bisa memakannya langsung sebagai camilan, karena keju sangat tinggi protein. Hal ini menjadi poin penting bagi yang ingin menambah berat badan.

Kacang Almond

wall.alphacoders.com

Ada beragam jenis kacang yang sangat baik untuk meningkatkan berat badan anda. Berbagai jenis kacang yang kandungan lemak dan nutrisinya melimpah. Meskipun terdapat banyak ragam kacang-kacangan dengan kandungan nutrisi yang berbeda, akan tetapi hampir semuanya baik untuk tujuan menambah berat badan anda. Khususnya kacang almond, yang sangat menyehatkan. Selain itu ada kacang hijau, kacang tanah, polong, dan lain sebagainya.

 

Leave a Comment