10 Manfaat Makanan Berserat bagi Tubuh beserta Daftar Makanannya

Serat merupakan jenis mineral yang tidak mudah diserap oleh tubuh. Serat dapat membantu menahan rasa kenyang. Manfaat yang paling dikenal dari serat adalah dapat membantu sistem pencernaan yang mana sangat dibutuhkan pada orang-orang yang mengalami susah buang air besar.

Manfaat Makanan Berserat bagi Tubuh

manfaat makanan berserat bagi tubuh
hellosehat.com

Mengonsumsi makanan berserat dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Ini dia beberapa manfaat makanan berserat yang bisa Anda dapatkan.

1. Menurunkan Resiko Serangan Jantung

Makanan yang terdapat banyak kandungan serat di dalamnya dapat membantuk tubuh dalam menjaga kesehatan jantung. Hal ini terkait dengan hubungan manfaat serat dalam membantu sistem kerja pencernaan. Apabila pencernaan baik, maka tubuh kita akan memperoleh berat badan ideal. Dengan berat badan yang ideal, maka dapat menurunkan resiko obesitas, penyakit jantung dan stroke.

2. Baik untuk Kesehatan Kulit

Makanan berserat sangat bagus untuk menjaga kesehatan kulit. Serat dapat memindahkan bermacam-macam jenis racun, jamur dan bakteri yang masuk ke sistem pencernaan. Berbagai macam racun, jamur dan bakteri tersebut dapat menimbulkan kulit kusam dan jerawat.

3. Mencegah Terjadinya Polip Usus

Polip usus adalah penyakit yang disebabakan oleh usus yang mengalami peradangan. Peradangan ini terjadi karena makanan yang menumpuk di usus karena tidak bisa dikeluarkan dalam bentuk feses. Bakteri dan jamur yang terdapat dari makanan yang menumpuk tersebut membuat usus jadi terkontaminasi.

Kontaminasi yang terjadi akan menimbulkan reaksi peradangan. Apabila peradangan tersebut terus terjadi dan tidak ditangani maka akan menjadi polip. Serat dikenal dapat melancarkan pencernaan sehingga makanan yang berada di usus dapat dikeluarkan dengan lebih mudah. Dengan begitu, resiko terjadinya polip akan menurun.

4. Mencegah Wasir

Wasir merupakan penyakit yang timbul karena pembengkakan pembuluh darah pada area dubur. Hal ini biasanya ditimbulkan karena proses buang air besar yang kurang lancar dan mengejan terlalu kuat yang menyebabkan peradangan pada sekitar dubur. Dengan mengonsumsi makanan berserat secara teratur, maka kerja usus akan menjadi lebih baik sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

5. Mengatur Gula Darah

Insulin bertugas mengatur kadar gula darah dalam tubuh yang dihasilkan oleh pankreas. Gula darah terbentuk dari proses pemecahan karbohidrat yang mana dilakukan oleh sel-sel dalam darah.

Dengan mengonsumsi serat secara teratur, maka proses penyerapan zat makanan yang dilakukan oleh sel-sel darah dan organ tubuh akan menjadi lebih baik. Dengan begitu, maka tidak ada penumpukan gula darah. Kadar gula darah yang normal juga dapat menurunkan resiko gangguan ginjal dan membantu kesehatan batu empedu.

6. Membantu Gerakan Usus

Manfaat makanan berserat selanjutnya yaitu dapat membantu gerakan usus. Seperti yang telah Kita ketahui bersama bahwa fungsi usus sebagai pengurai makanan. Setiap makanan yang masuk ke dalam usus akan langsung di cerna yang kemudian keluar melalui saluran pencernaan . Dengan memakan banyak makanan yang berserat akan membantu kinerja usus lebih mudah dan normal.

Dengan hal ini dapat menghindarkan resiko terkena wasir dan juga mengurangi diare. Karena dengan serat tersebut kelembutan feses bisa diatur sehingga akan membantu untuk menguatkan jika terjadi diare dalam tubuh.

7. Menurunkan Kadar Kolestrol

Kadar kolestrol yang tinggi dalam tubuh dapat menyebabkan tumbuhnya berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung, obesitas, diabetes dan darah tinggi. Kolestrol yang ada di dalam tubuh dapat diakibatkan oleh berbagai macam makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan, makanan bersantan, juga berbagai macam makanan sampah yang penyajiannya instan.

Kolestrol dapat diatasi dengan sering mengkonsumsi makanan dengan serat. Buah- buahan, sayuran adalah jenis makanan yang bisa Kita konsumsi sebagai penurun kadar kolesterol dalam tubuh. Selain makanan dengan serat pola hidup KIta sehari- hari pun sangat berpengaruh kepada tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

8. Menurunkan Resiko Diabetes

Diabetes merupakan jenis penyakit yang dikarenakan tubuh yang sudah tidak mampu menyuplai insulin sebagaimana yang tubuh butuhkan. Biasanya diabetes ini sering menjangkiti mereka yang memiliki kelebihan berat badan alias obesitas.

Konsumsi makanan dengan serat secara teratur dapat mengurangi kadar rasa lapar menjadikan perut akan merasa kenyang lebih lama. Diet dengan berbagai makanan yang mengandung serat banyak juga dapat mengurangi kalori sehingga tubuh mempunyai kadar gula yang tetap normal.

9. Membantu Tubuh Mendapatkan Energi

Tubuh Kita memerlukan beberapa asupan zat makanan sebagai penyuplai energi yang dapat menunjang berbagai macam aktifitas dalam sehari- hari. Salah satu asupan yang diperlukan oleh tubuh adalah karbohidrat. Tentu Kita sudah mengenali bahwa nasi sebagai penyuplai karbohidrat yang sangat tinggi bagi tubuh.

Bagi Kamu yang sedang menjalani program diet yang teratur, memakan nasi berlebih akan menjadikan program diet mu itu sia sisa.Tapi jangan sampai Kita tidak makan nasi sama sekali, karena kebutuhan energi haruslah tetap terisi.
Oleh karena itu diperlukanlah pengganti karbohidrat lainnya yang sama sama bisa menyuplai energi bagi tubuh berupa makanan yang banyak mengandung serat. Konsumsi serat yang tinggi dapat mempercepat proses penyerapan energi.

10. Menurunkan Resiko Kanker

Kanker murapakan penyakit berbahaya yang bisa menyerang siapa saja. Terdapat beberapa jenis kanker yang mana tiap jenisnya dapat dibedakan tergantung menyerang kepada anggota tubuh yang mana. Kanker usus juga kanker yang biasa menyerang saluran pencernaan dalam tubuh dapat dikarenakan kurangnya asupan serat dalam tubuh.

Dengan rutin mengkonsumsi berbagai macam makanan berserat akan berdampak bagus untuk saluran pencernaan sehingga dapat menurunkan resiko kanker usus besar, kanker rahim kanker payudara sekaligus memperkuat sistem kerja pencernaan dalam tubuh Kita.

Daftar Makan Berserat Tinggi

daftar makanan berserat
infocara-sehat.blogspot.co.id

Baca Yuk : Bagaimana Proses, Jenis – Jenis dan Pengertian Metabolisme

Setelah membaca manfaat-manfaat mengonsumsi makanan berserat tadi, pastinya Anda akan semakin bersemangat untuk mengonsumsi berbagai macam makanan berserat. Nah di bawah ini adalah sebagian dari makanan berserat tinggi yang bisa Anda konsumsi setiap hari.

1. Kubis

Di dalam kubis terdapat kandungan serat larut dan juga serat tidak larut. Setiap 100 gram kubis mengandung kurang lebih 1,2 gram serat yang sangat baik untuk tubuh. Kubis ini bisa diolah menjadi berbagai macam masakan di antaranya adalah sup dan bubur

2. Wortel

Dalam 100 gram wortel terdapat kurang lebih 3,2 gram serat. Selain itu wortel juga mengandung vitamin A dan C yang baik untuk tubuh. Wortel ini sering dijadikan sebagai bahan untuk mengolah sup yang mempunyai cita rasa yang gurih dan segar. Wortel tetap menyumbang kebutuhan serat Anda baik itu setelah dimasak maupun belum dimasak.

3. Bayam

Sayuran hijau ini merupakan sayuran yang kaya akan serat. Dalam 100 gram bayam terdapat sekitar 7,8 gram serat. Asupan serat mengalami peningkatan pada bayam segar yang dimasak dalam waktu singkat. Sayur bayam sangat dianjurkan untuk diolah tidak lebih dari 6 jam setelah dipetik.

Baca Yuk : Pengertian dan Macam-macam Metabolisme Karbohidrat dalam Tubuh

4. Apel

Diantara sekian banyak jenis buah, buah apel ini merupakan buah yang kandungan seratnya cukup tinggi 5 gram. Oleh karena itu apel merupakan buah yang banyak dikonsumsi oleh mereka yang sedang menjalani program diet. Apel termasuk kedalam buah yang mudah ditemukan, mengandung vitamin dan nutrisi yang bagus untuk kesehatan. Zat fitokimia dalam apel sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh.

5. Buah Pir

Buah pir adalah buah yang berasal dari negeri china. Rasanya manis dan asam menyegarkan dan penuh dengan air. Kandungan serat dalam buah pir terdiri dari 5,6 gram. Selain sebagai asupan serat yang tinggi untuk tubuh, pir juga bagus dikonsumsi untuk menghindarkan Kita dari dehidrasi.

6. Lobak

Sayuran berwarna putih ini termasuk kedalam jenis makanan yang banyak mengandung serat di dalamnya. Kandungan serat dalam lobak dalam satu buahnya bisa sampai 5,9 gram. Sayuran ini akan sangat cocok bila dijadikan pelengkap sayur sop atau campuran soto ayam dan salad.

Baca Yuk : Pengertian dan Bagaimana Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

8. Brokoli

Dalam 100 gram brokoli mengandung serat sebanyak 3,4 gram. Selain mengandung serat yang tinggi brokoli juga mengandung banyak vitamin lainnya berupa vitamin C, vitaminin K juga zat antioksidan. Kamu bisa mengkonsumsinya dengan cara mencampurkannya bersama dengan sup, salad maupun jus.

Itulah tadi beberapa manfaat makanan berserat yang baik untuk kesehatan tubuh Kita. Semoga bermanfaat

Leave a Comment