Pengertian dan Macam-macam Metabolisme Karbohidrat dalam Tubuh

Metabolisme Karbohidrat – Sebelum ke pengertian metabolisme karbohidrat, alangkah lebih baiknya kita mengetahui apa arti dari metabolisme itu sendiri.

Metabolisme, menurut KBBI adalah pertukaran zat pada organisme yang meliputi proses fisika dan kimia, pembentukan dan penguraian zat di dalam badan yang memungkinkan berlangsungnya hidup.


Pengertian Metabolisme Karbohidrat


karbohidrat

Metabolisme karbohidrat merupakan sesuatu proses kimia yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup dengan tujuan untuk mengolah karbohidrat, baik itu anabolisme atau reaksi pembentukan maupun katabolisme atau reaksi pemecahan.

Karbohidrat sendiri tersusun oleh unsur C, H, dan O; sifatnya, setelah dicerna usus karbohidrat akan diserap oleh usus halus. Bentuk karbohidrat yang diserap oleh dinding usus halus tersebut adalah monosakarida yang kemudian sebagian besar dibawa oleh aliran darah menuju hati ketika sebagian yang lain dibawa ke sel jaringan tertentu untuk mengalami proses metabolisme lebih lanjut.

Baca juga: Pengertian Metabolisme Lipid Beserta Fungsi dan Proses yang Terjadi

Lebih lanjut tentang metabolism karbohidrat, kita juga harus tahu karbohidrat apa yang terpenting bagi tubuh. Menurut Wikipedia, karbohidrat terpenting adalah glukosa; senyawa gula sederhana.


Macam-macam Proses Metabolisme Karbohidrat


Sekarang saatnya kita belajar tentang macam-macam proses metabolisme karbohidrat yang terjadi di dalam tubuh kita. Mari disimak,

1. Glikogenesis

metabolisme karbohidrat glikogenesis

Glikogenesis adalah proses metabolisme karbohidrat yang merubah glukosa menjadi glikogen atau dengen kata lain, proses pembentukan glikogen dari glukosa.

Ada beberapa tahapan dalam proses pembentukan glikogen, sebagai berikut:

  • Tahap pertama, glukosa menjadi glukosa-6-fosfat dibantu oleh enzim glukokinase, serta mendapat tambahan energi dari fosfat dan ATP.
  • Tahap kedua, glukosa-6-fosfat berreaksi dengan enzim glukomutase menjadi glukosa-1-fosfat.
  • Tahap ketiga, glukosa-1-fosfat berreaksi dengan Uridin Tri Phospat atau yang sering disingkat UTP, dikatalisis oleh Uridil Transferase dan menghasilkan UDP-Glukosa (Uridin Difosfat Glukosa) dan PPi (Pirofosfat).
  • Tahap keempat; tahap terakhir, terjadi kondensasi antara glukosa nomor satu dan UDP-glukosa dalam rantai primer glikogen yang kemudian menghasilkan rantai glikogen baru dengan satu tambahan unit glukosa.

Ada beberapa istilah yang berkaitan dengan metabolisme karbohidrat / penguraian glukosa. Sebagai berikut:

Baca juga: Pengertian dan Proses Metabolisme Protein yang Terjadi Dalam Tubuh

Fermentasi atau peragian, adalah suatu peristiwa di mana terjadi proses penguraian senyawa kimia yang kemudian menghasilkan gas. Dalam hal metabolisme karbohidrat, adalah penguraian karbohidrat, etanol, dan CO.

Glikolisis, yakni suatu peristiwa di mana terjadi penguraian karbohidrat menjadi piruvat.

Glikolisis anaerob, yakni suatu peristiwa di mana terjadi penguraian karbohidrat menjadi laktat dengan tidak melibatkan O2.

Respirasi, yakni suatu peristiwa di mana reaksi kimia terjadi dikarenakan sel menyerap O2, menghasilkan H2O dan CO2. Secara khusus, respirasi juga berarti proses-proses di mana glukosa terurai dibantu oleh O2, menghasilkan H2O, CO2, dan energi (dalam bentuk energi kimia, ATP) yang melibatkan metabolism daur krebs, metabolism glikosis, dan fosforilase yang bersifat oksidasi.

2. Glikolisis

metabolisme karbohidrat glikolisis

Glikolisis merupakan peristiwa, seperti yang sudah disinggung sedikit di atas, penguraian karbohidrat menjadi piruvat.

Piruvat adalah senyawa penting dalam biokimia; dihasilkan dari metabolisme glukosa yaitu glikolisis. Ada beberapa sifat dalam proses glikolisis ini. Sebagai berikut:

  1. Oksidasi glukosa / glikogen menjadi piruvat laktat.
  2. Dapat berlangsung secara anaerob dan aerob.
  3. Diperlukan adanya energi dan enzim.
  4. Membentuk karbohidrat yang memiliki atom tiga.
  5. Terjadi sintesis ATP dari ADP + Pi

Pada proses glikosis aerob dihasilkan piruvat; dan pada proses glokosis anaerob dihasilkan laktat melalui piruvat.

Glikoneogenesis adalah kebalikan dari glikolisis, yakni pembentukan glukosa dari piruvat.

3. Daur Krebs

metabolisme karbohidrat daur krebs

Piruvat dialihbentukkan menjadi asam laktat, sebagian asetat, dan etanol. Asesat, khususnya asetil koenzim-A bisa diolah kembali dalam lingkaran trikarboksilat; salah satu proses siklis.

Baca juga: Pengertian dan Bagaimana Proses Metabolisme Lemak di Dalam Tubuh

Hal demikian dinyatakan oleh Krebs pada tahun 1937, sehingga sampai sekarang disebut dengan nama Daur Krebs; jalur metabolisme penting dan utama dari berbagai senyawa hasil metabolisme.

Tahapan dalam daur krebs sebagai berikut:

  • Fase pertama, terurainya atas CO, asam piruvat dan suatu zat yang memiliki asetat (atom C). Senyawa kemudian bersatu dengan koenzim A menjadi asetil koenzim A.
  • Fase kedua, bersatunya asam oksalo asetat dan asetil koenzim A hingga tersusun asam sitrat.

Nah, itulah beberapa hal dasar yang harus kamu ketahui dalam metabolisme karbohidrat, bila ada waktu akan kami update lagi. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

Mau turunkan berat badan secara instan?SAYA MAU!