Jaga Berat Badanmu! 7 Faktor Ini Diyakini Sebagai Penyebab Obesitas

Penyebab Obesitas РBerbicara mengenai obesitas. Salah satu problem kesehatan tubuh yang ditakuti oleh banyak orang. Karena obesitas akan membuat seseorang memiliki berat badan yang tidak ideal. Secara umum hal ini dikarenakan tidak terkontrolnya asupan gizi yang dikonsumsi, sehingga menyebabkan terjadinya penumpukan lemak dalam tubuh.

Beberapa kasus timbulnya komplikasi pada kesehatan tubuh dianulir obesitas lah sebagai penyebabnya. Pada kesehatan tubuh, obesitas juga akan merubah kondisi fisik seseorang, yaitu dengan berat badan yang terus meningkat dan tubuh membesar.

BACA JUGA: Faktor Penyebab Obesitas di Indonesia

Dan tak hanya itu saja, obesitas juga dapat memengaruhi kesehatan psikologi seseorang. Karena dengan berat badan yang terus meningkat dan fisik terlihat tak ideal akan membuat seseorang tidak percaya diri, bahkan bisa stres dan depresi.

Tapi tenang saja, problem ini masih bisa dicegah kok. Agar kamu terhindar dari obesitas, simak dulu faktor-faktor yang dapat menyebabkan obesitas ini.

FAKTOR PENYEBAB OBESITAS

Faktor Lingkungan

penyebab obesitas
pixabay.com

Lingkungan merupakan faktor yang vital, karena seseorang mudah mencerna dan melakukan hal yang dianggap benar secara individu dalam lingkungan ini. Salah satunya yang paling berpengaruh adalah pola gaya hidup.

Dari pola gaya hidup inilah digambarkan bagaimana orang tersebut melakukan aktivitasnya, lalu bagaimana cara dan berapa kali ia makan.

ARTIKEL TERKAIT: 7 Bahaya Obesitas yang Enggak Ada Ruginya Kamu Ketahui

Faktor Genetik

penyebab obesitas
dakwatuna.com

Nah, genetik ini adalah faktor yang paling utama. Sudah jelas disebabkan dari keluarga yang mengalami obesitas. Tak hanya dari gen saja, namun makanan yang dikonsumsi dan cara gaya hidup keluarga bisa mendorong terjadinya obesitas.

Faktor Kesehatan

Untuk faktor kesehatan ini ada beberapa penyakit yang diindikasi bisa menyebabkan obesitas pada seseorang. Antara lain penyakitnya adalah;

  • Hipotiroidisme
  • Sindroma Prader-Willi
  • Sindroma Cushing
  • Dan beberapa kelainan saraf

BACA JUGA: 9 Gejala Obesitas Yang Harus Kamu Ketahui

Faktor Perkembangan

penyebab obesitas
pixabay.com

Semakin bertambahnya ukuran atau jumlah lemak dapat menyebabkan meningkatnya jumlah lemak yang disimpan dalam tubuh, dan di situlah terjadinya penumpukan kalori lemak. Bagi mereka yang obesitas dan mengalami penggemukan pada usia dini, bisa memiliki sel hingga lima kali lebih banyak dibanding orang dengan berat badan normal.

Dan perlu diketahui bahwa jumlah sel-sel lemak tidak dapat di minimalisir, ada kalanya untuk menurunkan berat badan ini dapat dilakukan dengan berupaya mengurangi lemak dalam setiap selnya.

Faktor Psikis

penyebab obesitas
pixabay.com

Faktor psikis ini mengarah pada pola pikir seseorang. Di mana pikiran seseorang dapat memengaruhi pola makan orang tersebut. Di antara sejuta cara, banyak orang yang meluapkan emosinya dengan makan.

Dalam sebuah penelitian, ada dua pola makan over yang dianggap bisa menjadi penyebab obesitas, yaitu makan dengan jumlah yang sangat banyak dan makan di malam hari. Dengan kedua pola makan tersebut tubuh akan lebih banyak menerima kalori.

Faktor Aktivitas Fisik

penyebab obesitas
pixabay.com

Faktor fisik ini masih berkaitan dengan pola makan. Bagi mereka yang memiliki kebiasaan makan banyak, sangat perlu sekali mengontrol aktivitas fisiknya. Dengan aktivitas fisik ini, misalnya olahraga dengan lari-lari kecil, itu berguna untuk membakar kalori yang menumpuk dalam tubuh.

Jika kamu memiliki kebiasaan makan banyak dan sangat jarang melakukan aktivitas fisik, maka obesitas akan rentan menyerang. Jadi kuncinya harus seimbang, antara pola makan dan aktivitas fisik.

Faktor Obat-obatan

penyebab obesitas
pixabay.com

Faktor ini berlaku pada obat-obatan tertentu, seperti steroid adalah obat anti depresi. Obat-obatan tersebut juga sebagai pengantar timbulnya obesitas.

***

Nah, itulah faktor-faktor yang bisa menyebabkan dirimu terserang obesitas. Jika sudah tahu, maka ada baiknya kamu mulalailah melakukan pencegahan-pencegahan terhadap tubuh, agar obesitas tidak menyerangmu.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagia kalian semua yang sudah membacanya.

Leave a Comment