Makanan Rendah Kalori Ini Pas dan Cocok Buat Kamu yang Sedang Diet

Makanan Rendah Kalori – Sekarang progal untuk menurunkan berat badan atau diet, menjadi progam yang banyak di lakukan oleh kebanyakan orang. Banyak Sekali cara dan tips agar dapat menurunkan berat badan sesuai keinginan.

Namun dari sekian banyak cara, seperti olahraga yang teratur, menjaga makanan dari makanan-makanan yang memiliki kandungan kalori tinggi hingga menjaga pola makan yang teratur ada satu hal penting yang masih banyak di remehkan.

Apa itu? Yaitu makanan, kalau kamu sudah mempunyai keinginan yang kuat untuk menurunkan berat badan maka bukan hanya saja pola makan dan olahraga yang diatur, namun makanan yang kamu konsumsi juga harus teratur dan tidak sembarangan.

Lalu apa saja makanan yang menyehatkan dan dapat menurunkan berat badan? Jawabannya ada banyak sekali, nah dari sekian banyak itu, salah satu makanan yang sehat dan dapat menurunkan berat badan adalah makanan yang hanya memiliki sedikit kandungan kalori di dalamnya, berikut adalah makanan rendah kalori yang baik untuk kesehatan dan keberlangsungan diet kamu.

1. Lemon

lemon
Sumber : http://lifecarenews.in/

Menu makanan low kalori pertama ini merupakan sebuah makanan yang di dalamnya terdapat kandungan kalori sebanyak 20 per buah dan tentu saja di dalam buah lemon ini mengandung banyak vitamin C dan juga kaya akan serat.

Vitamin C yang terdapat dalam buah lemon tersebut mampu membakar lemak yang ada dalam tubuh, hal ini dikarenakan kandungan asam yang berada dalam buah lemon tersebut. Selain hal tersebut diatas, lemon juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Bayam

sayur bayam
Sumber : http://www.rumboverde.cl/

Bayam berada di urutan kedua makanan yang rendah kalori, yang tentu saja mengandung vitamin K , kaya akan zat besi dan asam folat. Selin hal tersebut sayuran dengan daun hijau kebanyakan dapat melawan penyakit dan kandungan antioksidan yang tinggi.

Baca Juga : Gejala Obesitas yang Harus Kamu Ketahui

Selain itu makanan rendah lemak dan kalori ini juga banyak mengandung beta karoten, lutein fitokimia dan vitamin C yang bisa membuat dan juga melindungi mata dari degenerasi makua terkait dengan usia. Jadi banyak juga manfaat yang kamu dapat ketika kamu mengkonsumsi sayur bayam ini.

3. Selada Air

selada air hanya memiliki kandungan kalori yang sedikit
Sumber : wpengine.netdna-cdn.com/

Selada Air merupakan salah satu menu makanan rendah kalori yang didalamnya terdapat zat untuk melawan kanker lebih ampuh daripada jenis makanan rendah kalori lain seperti kubis ataupun brokoli.

Sulforaphane yang terkandung dalam daftar makanan rendah kalori satu ini tentu bisa menurunkan resiko terkena penyakit yang menyerang orang yang terbiasa mengonsumsi selada air.

4. Lobak

Lobak juga memiliki kalori yang rendah
Sumber : https://www.organicfacts.net/

Salah satu contoh makanan rendah kalori yang selanjutnya adalah makanan yang di dalamnya terdapat glikemik yang rendah dan juga kandungan vitamin c yang cukup baik. Nama sayur ini adalah sayur lobak, Sudah pernah mencicipinya?

Biasanya atau kamu juga bisa mengolah sayur lobak ini jika di masak sebagai bahan semur atau sup yang kemudian di sajikan lobak tersebut dengan agak setengah matang. Hal ini akan membuat tampilan dan rasa lebih bervariasi dan pastinya menarik.

5. Kopi Juga Rendah Kalori Loh

kopi juga boleh kamu minum
Sumber : https://ae01.alicdn.com/

Selanjutnya menu makanan rendah kalori atau lebih tepatnya minuman rendah kalori yang juga mempunyai banyak penggemar yakni kopi. Umumnya orang mengonsumsi kopi untuk menghilangkan rasa kantuk.

Baca Juga : Makanan Pembakar Lemak

Menurut penelitian kopi disimpulkan termasuk minuman yang tidak mengandung kalori sama sekali. Jadi kopi bisa menurunkan berat badan. Kopi juga mencegah para peminumnya terserang parkinson, kanker usus besar dan juga diabetes.

6. Buah Tomat

buah tomat
Sumber : http://assets.simplyrecipes.com/

Tomat, buah kaya manfaat ini juga termasuk makanan yang rendah kalori. Banyak dipakai sebagai bahan masakan ataupun minuman jus untuk orang yang berniat diet.

Buah tomat sangat cocok dikonsumsi jika kita sedang menjalankan program diet, tmat juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit serta bisa melindungi kulit dari UV. manfaat lainnya yang terkandung didalam tomat adalh jumlah serat, vitamin C dan kalium yang sangat tinggi

7. Kembang Kol

kembang kol
Sumber : https://maxpull-gdvuch3veo.netdna-ssl.com/

Selain kol, kembang atau bunga kol juga bisa menjadi menu sehat yang mengandung banyak air. Disampng itu kembang kol juga mengandung antioksidan yang mampu mengusir radikal radikal bebas. Kandungan lain yang terdapat didalamnya yakni fitonutrien yang berfungsi sebagai penangkal kanker.

Kemabang kol juga bisa menjadi sumber vitamin C yang baik untuk tubuh. Kembang kol dapat dikonsumsi dengan cara dibuat sup. Ketika membuat sup dari kembang kol jangan lupa untuk tidak memakai minyak atau bahan sejenis yang megandung lemak jenuh sebagai kombinasi bahan sup tersebut.

8. Selada

salada
Sumber : wpengine.netdna-cdn.com/

Kamu sedang dalam program diet? Daun selada merupakan makanan wajib yang harus ada didaftar menu dietmu, Jika dimakan secara langsung tanpa campuran apapun, selada menjadi sumber vitamin B untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian vitamin b tubuh. selain hal tersebut, daun selada mengandung asam folik juga mangan yang berguna untuk mengatur kadar gula dara dan juga menjaga kekebalan sistem imun tubuh.

Variasi dari jenis tanaman selada sendiri beragam. Terdapat selada berwarna ungu tua dan hijau tua. Ada pula daun selada berwarna merah. dan yang terbaik adalah selada dengan jenis daun bewarna merah atau hijau yang sudah terkenal akan kandungan nutriennya yang beragam. Selada terdapat dalam campuran salad. untuk menambahkan cita rasa segar dan nikmat sajikan salad menggunakan cuka apel khusus untuk salad.

9. Brokoli

sayur brokoli penurun berat badan
Sumber : https://thejuicechief.com/

Jenis makanan rendah kalori yang berikutnya adalah brokoli. Dalam setiap cangkir brokoli, terkandung 31 kalori, sehingga hal ini akan menjadi alasan kuat bahwa salah satu jenis sayuran yang digemari masyarakat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai bahan makanan untuk program diet.

Adapun beberapa kandungan yang dapat ditemui di brokoli di antaranya adalah vitamin, mineral, dan kaya akan serat. Selain rendah kalori, salah satu kelebihan lain dari brokoli adalah dapat mencegah pengkonsumsinya dari penyakit sejenis kanker.

10. Asparagus

asparagus perendah kalori
Sumber : http://images.media-allrecipes.com/

Untuk makanan rendah kalori selanjutnya yang akan kita bahas di sini adalah asparagus. Jenis tumbuhan ini sangat banyak sekali dipakai untuk keperluan detoksifikasi tubuh karena kandungan asam aminonya yang terbilang tinggi.

Selain itu, jenis makanan rendah kalori satu ini pula sangat dikenal baik dengan berbagai jenis vitamin yang dikandungnya sehingga direkomendasikan untuk dikonsumsi sebagai sumber tenaga. Banyak sekali yang bisa kamu olah dari asparagus ini.

11. Kubis

sayur kubisa rendah kalori
Sumber : https://www.organicfacts.net/

Makanan rendah kalori yang selanjutnya berasal dari jenis sayuran, yaitu kubis. Sayuran yang mudah dicari, bisa didapatkan oleh siapa saja, dan disukai oleh lidah masyarakat Indonesia ini ini memiliki kalori yang rendah. Adapun kandungan yang terdapat dalam sayuran kubis terdiri dari vitamin, mineral, dan fitonutrien yang dapat mencegah serangan kanker.

Selain itu, kubis merupakan sayuran yang pas bagi orang-orang yang menginginkan tubuh ideal dengan mengikuti program diet. Kalori yang terdapat dalam satu cangkir brokoli setidaknya ada 22 kalori yang jumlah tersebut terbilang cukup kecil.

12. Makanan Rendah Kalori, Sayur Kale

kale memiliki kalori yang rendah
Sumber : http://alkalinevalleyfoods.com/

Masih membahas mengenai sayuran berkalori rendah, ternyata sayur kale termasuk salah satu di antaranya. Jenis sayur rendah kalori satu ini tentunya sangat baik untuk kamu yang ingin atau sedang mengikuti program diet. Beberapa kandungan sayur kale di antaranya asam folat, mangan, zat besi, dan vitamin.

Bukan hanya sebagai makanan diet, sayur kale juga ternyata dapat mencegah tumbuhnya penyakit kanker karena fitonutrisi yang terkandung di dalamnya. Istimewanya lagi, dalam secangkir kale, hanya terdapat 5 kalori. Superr sekali bukan? Intinya, banyak manfaat yang bisa kita ambil dari sayuran berkalori rendah ini bagi tubuh kita lho….

13. Bawang Putih

bawang putih juga mempunyai kalori yang rendah
Sumber : http://www.bawangputih.org/

Sekarang kita beralih sebentar ke kategori bumbu rempah-rempah. Salah satunya yang mengandung kalori yang sangat rendah adalah bawang putih. Dalam secangkirnya saja, salah satu bumbu masakan andalan masyarakat Indonesia ini hanya terkandung 4 kalori saja.

Manfaat yang dapat kita nikmati dari bawang putih juga banyak sekali. Beberapa di antaranya adalah dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih dengan kandungan antioksidannya, menurunkan darah tinggi, dan dapat meredakan demam.

Selain itu, bawang putih juga termasuk ke dalam jenis makanan rendah kalori yang sangat mudah sekali untuk dicari dan dapat dibeli di pasar bumbu dapur maupun di warung yang tersebar di sekitaran rumah.

14. Buah Bit Merah

buah bit juga termasuk buah yang memiliki kalori rendah
Sumber : https://hellosehat.com/

Kembali ke sayuran lagi, makanan rendah kalori yang selanjutnya adalah buah bit. Terbilang rendah kalori karena buah bit hanya mengandung 74 kalori di setiap cangkirnya. Hal ini tentu saja tergolong cukup baik untuk dikonsumsi oleh para pencinta makanan rendah kalori.

Sayur bit juga kaya akan kandungan vitamin, mineral, serat, dan kandungan-kandungan baik lainnya yang menyehatkan tubuh, yang di antaranya adalah antioksidan yang dapat mencegah dan melawan potensi timbulnya penyakit kanker.

Mengkonsumsi buah bit sangat disarankan untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badannya dengan cara mengikuti program diet.

15. Tahu Zukini ?

zukini atau mentimun jepang
Sumber : http://www.heqris.com/

Kamu tahu engga bahwa ada sayuran yang namanya zukini? Engga tahu kan… zuki ini termasuk kedalam sayur-sayuran yang bentuknya menyerupai mentimun, karena itu zukini juga sering disebut sebagai mentimun jepang.

Zukini juga termasuk kedalam makanan rendah kalori, yang banyak diolah untuk dijadikan roti, jadi buat kamu yang lagi diet dan nyari roti yang rendah kalori, ternyata ada nih. Yaitu roti yang terbuat dari sayur zukini atau lebih dikenal dengan mentimun jepang.

16. Jamur Pangan

jamur pangan
ٍSumber : http://budidayapertan.blogspot.co.id/

Makanan rendah kalori selanjutnya berasal dari jamur-jamuran, kamu pasti sudah pernah melihat jamur inikan. Jamur pangan merupakan jenis jamur yang dapat tumbuh dan berkembang di hampir setiap wilayah di Indonesia.

Sekrang juga sudah banyak yang membudidayakannya, jamur ini sangat aman untuk dikonsumsi, karena jamur ini termasuk makanan yang banyak manfaatnya dan yang paling penting adalah rendah kalori yang pas untuk kamu yang sedang melangsungkan program diet.

Baca Juga : Metabolisme Lipid Beserta Fungsi dan Proses yang Terjadi

Sudah banyak olahan jamur pangan yang pastinya akan menggugah nafsu makan kamu dan rasanya yang enggak kalah enak dengan makanan yang lainnya. Kamu juga bisa membelinya mentah dan mengolahnya sendiri di rumah, sesuai keinginan kamu.

Gimana? Dari sekian banyak makanan rendah kalori, pastilah ada salah satu yang kamu suka, kamu bisa mengkombinasikan atau mengola beberapa makanan di atas, sehingga kamu tidak bosan dan tetap merasa enak dalam mengkonsumsi itu semua.

Ya, mungkin itu saja beberapa makanan rendah kalori, yang mungkin didominasi oleh sayur-sayuran, namun di era seperti sekarang ini sayur-sayuran bisa kamu olah dengan berbagai macam olahan, sehingga lebih menarik dan enak di lidah.

Leave a Comment