Pengertian Metabolisme Lipid Beserta Fungsi dan Proses yang Terjadi

Metabolisme Lipid – Salah satu proses kimiawi yang terjadi didalam tubuh adalah proses metabolisme. Dalam bahasa yunani kata metabolisme memiliki arti (berubah).

Dalam prosesnya metabolisme sangat banyak memerlukan energi karena dalam proses metabolisme akan terjadi berbagai macam reaksi kimia.

Metabolisme

Sebelum membahas pengertian metabolisme lipid ada 2 proses metabolisme yang harus kita pahami bersama. Proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh makhluk hidup bisa kita bedakan menjadi 2 karena proses metabolisme memiliki 2 arah metabolic. Jenis metabolisme tersebut adalah Katabolisme dan anabolisme.

Katabolisme adalah Proses pemecahan atau penguraian senyawa organik kompleks menjadi senyawa sederhana yang nantinya akan dijadikan sebagai energy.

Anabolisme adalah proses penyusunan dan pembentukan senyawa organic sederhana menjadi senyawa kompleks agar bisa diserap oleh tubuh. Dalam proses ini sangat bayak memerlukan energy.

Baca Juga : Metabolisme Protein

Pengertian Metabolisme Lipid

 

Protein, karbohidrat dan lemak merupakan contoh sumber energy yang digunakan dalam proses metabolisme. Bahkan ada beberapa hewan yang menggunakan lemak sebagai cadangan ketika sumber energy utama sudah habis. yang mana energy tersebut bisa digunakan sewaktu waktu.

Metabolisme lipid atau lemak adalah sebuah proses dimana asam lemak yang masuk kedalam tubuh dicerna dan kemudian dipecah sebagai energi dan nantinya disimpan dalam tubuh manusia untuk penggunaan energy dimasa yang akan datang.

Karena memiliki rantai karbon yang lebih panjang lemak dijadikan sebagai Sumber energy seluler terbaik untuk proses metabolisme, sehingga energy yang disimpan jauh lebih besar.

Sebelum dipakai sel menghidrolisis, lemak masih dalam bentuk asam lemak dan gliserol, lalu gliserol akan diubah menjadi 3 fosfogliseraldehid dan memasuki jalur glikolisis.

Asam lemak dipecah menjadi dua rantai karbon yang masuk ke siklus krebs sebagai asetil koA. Melalui jalur-jalur tersebut, satu gram lemak memberikan ATP menjadi lebih banyak dari pada protein dan karbohidrat. Satu gram lemak mampu menghasilkan 9 kkal energi.

Baca Juga : Metabolisme Sel

Proses Metabolisme Lipid

Hati atau heper merupakan tempat yang dipakai dalam melakukan proses metabolisme lipid. proses ini dikerjakan oleh enzim lipase yang ada di getah pancreas dan getah usus. Jenis lipid yang dijadikan Sumber energy utama berasal dari lipid netral yakni trigliserid. Hasil pencernaan lipid ialah asam lemak dan gliserol selain itu juga ada yang masih berupa monogliserid.

Seperti yang kita tau bahwa asam lemak dan monogliserid tidak bisa larut dengan air. Kedua senyawa tersebut nantinya akan diangkut oleh miselus atau disebut dengan emulsi lemak yang nantinya ajan dilepaskan didalam epitel usus.

Didalam sel ini kedua senyawa akan segera diubah menjadi trigliserida (lipid) dan akan dikumpulkan membentuk gelembung yang disebut kilomikron. Selanjutnya kilomikron ajan di kirim vena kava melalui pembuluh limfe yang bersatu dengan siklus darah.

Proses selanjutnya kilomikron akan ditransportasikan menuju hati dan jaringan adipose. Dalam sel hati jaringan adipose inilah kilomikron akan dipecah menjadi asam-asam lemak dan gliserol. Selanjutnya asam-asam lemak dan gliserol tadi akan dibentuk kembali menjadi simpanan trigliserida.

Jika sewaktu-waktu kita membutuhkan energy dari lipid, maka trigliserida ini akan dipecah lagi menjadi asam lemak dan gliserol. Proses pemecahan lemak jaringan ini dinamakan liposis. Asam lemak tersebut ditransportasikan oleh albumin ke jaringan yang memerlukan dan disebut sebagai asam lemak bebas.

Fungsi Lipis Dalam Tubuh

Secara umun, lipid merupakan konduktor panas yang bisa dibilang jelek, sehingga lipid dalam tubuh makhluk hidup memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya kehilangan panas tubuh. Tak hanya itu lemak juga memiliki fungsi didalam melindungi organ-organ tubuh tertentu dari kerusakan yang diakibatkan benturan atau goncangan.

Dan fungsi yang paling utama dari metabolisme lipid adalah sebagai sumber energy dan sebagai senyawa yang melarutkan vitamin A,D,E dan K.

Baca Juga : Obesitas Di Indonesia

Demikianlah pembahasan kami mengenai Metabolisme Lipid yang sudah di terangkan dari pengertian sampai dengan Proses dan juga Fungsinya. Mudah mudahan dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan kita bersama. Sekian dan terima kasih banyak

Leave a Comment