Breaking News

Menjaga Lingkungan Alam Sebagai Bagian dari Rasa Syukur

Menjaga Lingkungan Alam Sebagai Bagian dari Rasa Syukur

Manusia telah dikarunia keindahan alam yang amat melimpah untuk dapat dimanfaatkan dan dijaga sebaik mungkin oleh yang Maha Kuasa. Oleh karena itu sudah sepatutnya sebagai makhluk yang dititipkan amanah kita mampu menjaga alam sebaik mungkin.

Meski demikian kita masih sering mendapati di berbagai media disebutkan bahwa terjadi kerusakan-kerusakan alam di sekitar kita. Seperti terjadinya banjir, longsor, menebangan hutan liar, dan lain sebagainya.

Kini sudah saatnya sebagai bagian dari masyarakat kita turut berperan aktif dalam upaya-upaya mikro maupun menengah agar mampu menjaga kelestarian lingkungan alam.

Terkadang sebagai bagian kecil masyarakat kita merasa hal kecil dari perbuatan kita tidak akan berpengaruh terhadap hal yang lebih besar. Coba kita bayangkan jika semua orang berpikir demikian, maka sudah pasti tindakan kecil dari masing-masing orang jadi berpengaruh besar juga jadinya.

Untuk itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan tips cara menjaga kelestarian lingkungan alam sebagian dari rasa syukur kita. Tips ini akan meliputi hal-hal sederhana yang bisa dengan mudah teman-teman ikuti.

  1. Membuang sampah pada tempatnya

Meski terkesan sepele namun membuang sampah pada tempatnya merupakan hal penting yang dapat berpengaruh terhadap kelestarian lingkungan, lho.

Dengan membuang sampah pada tempatnya artinya kamu telah membantu petugas kebersihan setempat untuk memilah dan mengolah sampah nantinya. Sampah sendiri terdiri dari tiga jenis yakni organic, anorganik, dan bahan-bahan berbahaya.

  1. Mengurangi penggunaan plastik

Plastik adalah salah satu bahan yang limbah paling sulit diurai di dunia dan saat ini penggunaan plastik juga sudah semakin lazim di kehidupan sehari-hari.

Saat berbelanja ataupun bepergian membawa barang tidak jarang kita menggunakan tas plastik untuk membawa barang bawaan kita. Memang harus diakui untuk 100% lepas dari plastik tidak mudah, namun mari coba kita kurangi.

Salah satu cara termudah mengurangi penggunaan plastik adalah membiasakan bawa tas belanja seperti tote bag saat pergi ke minimarket ataupun pasar. Jika terlanjur menggunakan plastik ingat untuk jangan dibuang sembarangan ya.

  1. Menanam tanaman

Cara berikutnya ini bisa juga kamu jadikan sebagai hobi kamu, lho. Saat sudah mulai bermunculan orang-orang dengan hobi bercocok tanam. Hal ini terlibang cukup sederhana karena bisa kamu lakukan dari menanam tanaman di halaman rumahmu.

Menanam tanaman di halaman rumahmu akan memberikan dampak positif terhadap sirkulasi udara di sekitar rumahmu. Udara akan jadi lebih sejuk dan pemandangan rumahmu juga jadi lebih natural serta menyegarkan.

Nah, itulah tiga cara menjaga kelestarian lingkungan alam yang bisa kamu terapkan sendiri dan langsung dengan mudah. Semoga tips ini dapat membantu sehingga kamu mampu untuk lebih bersyukur dengan kondisi lingkungan alam yang diamanahi kepada kita.