Breaking News

Mesin Kopi Otomatis atau Mesin Kopi Manual

Mesin Kopi Otomatis atau Mesin Kopi Manual? Pilih yang Mana?

Mungkin banyak yang bertanya mesin kopi apa yang bagus. Apakah harus membeli mesin kopi manual atau mesin kopi otomatis. Bagi Anda yang menyukai kopi tentu perlu mempertimbangkan hal ini apalagi untuk pembuatan kopi di rumah sehingga tidak lagi harus repot memesan kopi. Tentu saja Anda harus memahami masing-masing kelebihan dan kekurangan mesin kopi manual dan otomatis.

Mesin Kopi Manual

Penggunaan mesin kopi manual lebih murah dengan biaya yang rendahjika dibandingkan  dengan mesin kopi otomatis yang menggunakan listrik, tentu harganya jauh lebih murah sehingga biasanya mereka yang di rumah lebih senang menggunakan mesin kopi manual karena harganya yang ekonomis. Bukan hanya itu saja, Mesin kopi jenis ini hanya menggunakan tenaga dari tangan karena semuanya manual, Anda tidak perlu repot memikirkan biaya listrik bulanan karena mesin kopi.

Bahkan uniknya, mesin kopi manual bisa dibawa ke mana saja dengan lebih mudah karena ukurannya yang lebih portabel dan memang dirancang untuk dibawa ke mana saja. Untuk perawatannya juga sangat mudah bisa menggunakan kain atau air saja sesuai jenis mesin yang digunakan. Tidak perlu biaya mahal untuk proses pembersihannya.

Mesin kopi manual memiliki kekurangan yaitu tidak direkomendasikan untuk penggunaan komersial. Hasil kopi mungkin kurang konsisten dari yang diinginkan tergantung cara pembuatannya. Umumnya tidak cocok untuk seni latte karena juga membutuhkan bayka milk forather tambahan.

Mesin Kopi Otomatis

Mesin kopi otomatis dikenal karena keserbagunaan dan daya tahannya dalam berbagai aplikasi. Mesin kopi otomatis memang telah dirancang untuk penggunaan yang lebih sering dan profesional sehingga membuat hasil kopi dari mesin otomatis ini sangat memuaskan. Ini juga yang membuat mesin kopi jenis ini lebih sering digunakan pada kedai kopi atau cafe.

Jika membandingkan keduanya, hasil otomatis jauh lebih baik daripada hasil manual. Hal ini karena beberapa mesin otomatis sudah dilengkapi dengan steamer dan froather sehinggga membuat minuman turunan espresso seperti cappuccino, caffe latte, machiato, flat white, dll akan lebih maksimal. Mesin kopi otomatis juga memiliki penggunaan yang lebih cepat dibandingkan mesin manual. Tentunya mesin lebih canggih dan juga kuat.

Hanya saja, mesin kopi otomatis sulit dibawa kemana-mana dan memang hanya untuk satu tempat saja karena ukurannya yang lebih besar dan juga lumayan berat sehingga repot jika dibawa kemana-mana. Anda juga perlu mempertimbangkan biaya listrik atau gas karena mesin otomatis hanya bergantung pada dua sumber energi tersebut.

Namun jika Anda ingin mesin kopi otomatis dengan penggunaan yang lebih praktis untuk pemula dan harga yang lebih terjangkau, Anda bisa mempertimbangkan mesin Nescafe Dolce Gusto. Merupakan mesin yang cukup menggunakan kapsul kopi saja dan mesin akan menghasilkan kopi dengan rasa yang Anda inginkan.