Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih Untuk Menurunkan Berat Badan

Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebihan Untuk Menurunkan Berat Badan – Mungkin bagi sebagian orang memiliki bentuk tubuh yang gemuk atau tidak ideal merupakan masalah besar bagi dirinya. Adapun kondisi tersebut sebenarnya bisa saja disebabkan oleh besarnya nafsu makan sehingga tanpa di sadari kalori yang masuk lebih besar dan tersimpan sebagai cadangan lemak dalam tubuh. Alhasil tubuh yang semula mungkin terlihat ideal, namun karena besarnya nafsu makan lambat laun menjadi gemuk.

Dalam beberapa kasus, orang yang menderita obesitas ataupun kelebihan berat badan memang mempunyai nafsu makan yang besar. Namun tentu ini semua apabila tidak segera dilakukan tindakan atau pencegahan justru bisa menimbulkan malapetaka yang mana orang gemuk akan lebih rentan terhadap penyakit, seperti hipertensi, kencing manis, gagal jantung, stroke, kolesterol tinggi hingga kemungkinan terburuk terkena penyakit komplikasi yang mana penyakit ini adalah kumpulan dari beberapa penyakit yang menyerang tubuh kita secara bersama-sama.

Bagi anda yang mungkin saat ini sudah memiliki berat badan yang kurang ideal, sudah sebaiknya anda mencoba cara mengurangi nafsu makan. Mungkin di awal akan terasa berat karena tubuh juga akan menyesuaikan, tapi lambat laun tubuh akan terbiasa dan penyakit obesitas bisa terhindarkan. Dengan begitu tubuh yang sehat dan bugar bisa anda dapatkan.

7 Tips Sederhana yang Ampuh tentang Cara Mengurangi Nafsu Makan Tanpa Lapar

Jadi tips cara mengurangi nafsu makan yang akan kami bagikan pada artikel kali ini sebenarnya sangat mudah untuk di lakukan, terlebih lagi jika sudah ada keinginan yang sangat kuat dalam diri untuk berubah, maka apapun halangannya pasti bisa di lalui termasuk godaan akan makanan-makanan yang lezat.

Oke untuk lebih jelasnya bisa langsung melihat ulasan cara mengurangi nafsu makan berikut ini :

Mengalihkan Perhatian

beritatersebar.blogspot.com

Cara pertama untuk menghilangkan nafsu makan adalah dengan cara mengalihkan perhatian kita dari makanan ke kegiatan lain. Karena keinginan makan dari nafsu makan yang besar bisa timbul sewaktu-waktu, diperlukanlah aktivitas lain yang bisa kamu sukai.

Baca Juga5 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Paling Mudah dan Efektif

Dengan mengerjakan segala aktivitas pengalihan tersebut dengan rutin, maka nafsu makan yang terlalu tinggi akan perlahan berkurang.

Kosongkan Kulkas Anda

Resepkueterbaru.com

Cara berikutnya yang dapat anda coba adalah dengan mengosongkan kulkas atau tempat penyimpanan makanan yang anda miliki. Kenapa? Karena dengan kosongnya tempat persediaan makanan yang anda miliki tersebut, otomatis juga akan menunda keinginan anda untuk memenuhi nafsu anda yang tidak terkendali.

Isi kulkas yang kosong juga akan terlihat tidak menarik untuk anda lihat dan secara psikologis itu juga akan mempengaruhi keinginan anda untuk makan. Jadi berhentilah mengkoleksi makanan di kulkas atau tempat anda menyimpan makanan baik itu jenis makanan berat ataupun ringan karena itulah yang diperlukan untuk mengurangi nafsu anda dalam makan.

Makan Perlahan

cara mengurangi nafsu makan
getfulfilled.co

Biasanya yang membuat kita tidak sadar telah makan terlalu banyak adalah karena terlalu cepatnya kita menelan makanan. Maka dari itu, cobalah makan secara perlahan. Hal tersebut juga akan memberikan dampak ke otak bahwa anda sudah terlalu kenyang untuk makan sehingga dengan waktu yang lama tersebut akan membuat anda berhenti makan sebelum menghabiskan seluruh persediaan yang ada.

Atur Jadwal Makan

jadwal makan
Ofpof.com

Hal yang dapat kamu lakukan selanjutnya untuk mengurangi nafsu makan kamu adalah dengan mengatur jadwal makan. Kebiasaan kamu yang selalu nyemil di hampir setiap waktu sebaiknya segera ditinggalkan karena itu sangat berdampak buruk.

Dengan mengatur jadwal makan, maka makanan yang masuk ke dalam tubuh kita akan menjadi teratur. Tubuh akan mulai merespon baik terhadap kebutuhan energi yang digunakan. Dan hal tersebut akan mengurangi keinginan nafsu makan anda di waktu-waktu lain di luar jam makan tersebut.

Selalu Sediakan Air Putih

minum air putih
Selectoday.com

Selanjutnya hal yang sangat simpel sekali, bisa kamu lakukan untuk mengurangi nafsu makan yang kamu miliki adalah dengan sering mengkonsumsi air putih. Hal ini untuk mencegah kamu nyemil makanan terlalu banyak, maka dari itu manipulasilah keinginan tersebut dengan cara mengkonsumsi air putih.

BACA JUGA : Tips Diet Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan dan Tetap Menyehatkan Tubuh

Selain itu, kamu juga minum air putih hangat setiap sebelum makan. Ini akan membantu kamu untuk mengurangi porsi makan kamu yang tidak terkendali loh. Karena dengan meminum air sebelum makan. Perut akan merasa sudah penuh sebelum waktunya sehingga porsi makan kamu akan sedikit.

Konsumsi Makanan Penahan Lapar

stopnarkoba.com

Nah, mungkin yang satu ini adalah solusi bagi anda yang masih kesulitan melakukan cara-cara sebelumnya diatas. Karena dengan cara ini kamu masih diperbolehkan nyemil di waktu-waktu yang lain. Tentunya makanan yang kamu gunakan untuk cemilan adalah makanan khusus yang kaya akan serat sehingga akan membuat kamu bisa menahan rasa lapar.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi apel sebagai salah satu cemilan setelah atau sebelum makan. Apel dipercaya berkhasiat untuk memperlambat penyerapan glukosa dan kalori yang ada pada makanan ke seluruh tubuh. Dengan begitu anda akan tetap merasa kenyang setelah makan dalam waktu yang cukup lama.

Hindari Perasaan Stress

keluargasamawa.com

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan ini adalah berhubungan dengan psikologi yang kamu miliki. Yaitu dengan menghindarkan diri dari rasa stress, terutama stress psikis. Menurut penelitian para ahli, stress dapat memicu kamu untuk mengkonsumsi makanan lebih banyak dari biasanya terutama makanan yang manis. Maka dari itu, belajarlah mengolah jiwa agar tetap sehat dari waktu ke waktu. Selesaikan setiap masalah dengan baik agar perasaan yang kamu miliki tetap terkendali dari waktu ke waktu.

Mengapa Perlu Mengurangi Nafsu Makan ?

Cara Agar Diet Berhasil
500px.com

Kebiasaan yang tidak baik termasuk memiliki nafsu makan yang berlebih memang sebaiknya kita cegah dan kita hindari, seperti yang sudah saya singgung di awal tadi bahwa jika kita memiliki nafsu makan yang besar, maka kita akan sulit untuk mengontrol makanan apa saja yang baik dan tidak baik bagi tubuh. Dengan begitu tubuh kita bisa menjadi tidak sehat dan rentan terhadap penyakit.

BACA JUGA : 6 Faktor Penyebab Gagal Diet Beserta Tips Jitu Untuk Mengatasinya

Kemudian untuk menjawab pertanyaan di atas, mengapa perlu mengurangi nafsu makan karena kita tahu bahwa sebenarnya orang yang bisa mengontrol dan mengurangi nafsu makan maka kondisi tubuhnya terutama lambung dan pencernaan akan jauh lebih baik. Itu mengapa dalam ajaran agama tertentu mewajibkan umatnya untuk berpuasa di waktu-waktu tertentu, adapun tujuannya untuk mengistirahatkan lambung yang mungkin selama ini sudah terlalu lama bekerja keras untuk memproses makanan dan saat-saat berpuasa itulah pencernaan kita bisa beristirahat untuk sejenak.

Jadi itu tadi 7 tips sederhana cara mengurangi nafsu makan yang sehat untuk di lakukan dan tentunya tidak merepotkan. Karena di luar sana ada banyak cara yang bisa dilakukan namun tidak semunya mudah untuk diterapkan, bahkan ada beberapa yang bisa dikatakan menyiksa sekali bagi mereka yang masih belum terbiasa.

Dengan artikel di atas di harapkan untuk kalian yang memiliki berat badan berlebih atau sudah masuk kategori obesitas sadar akan kesehatan tubuh sehingga mulai saat ini mencoba untuk menerapkan hidup sehat dengan menjaga nafsu makan dan juga di seimbangkah dengan olahraga yang rutin. Semoga bermanfaat .

Leave a Comment