Tips Diet Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan dan Tetap Menyehatkan Tubuh

Diet Air Putih – Saat ini banyak sekali orang yang berusaha untuk menurunkan berat badannya. Berbagai cara pun dilakukan, mulai dari yang normal hingga yang ekstrim. Dari yang tetap menjaga kesehatan sampai yang dapat membuat badan kita terkena penyakit juga.

Dan dari salah satu cara untuk menurunkan berat badan, ternyata ada cara untuk menurunkan berat badan dengan mudah. Caranya dengan diet air. Diet air putih bukan tidak minum air, tetapi sebaliknya. Kita mengganti makanan kita menggunakan air putih secukupnya dan jangan berlebih.

Walaupun air putih sangat dibutuhkan oleh tubuh kita dan air putih juga menyehatkan. Tetapi, kita tidak boleh berlebihan dalam meminum air putih. Maka dari itu diet air putih ini tetap mengatur kadar minum kita agar tidak berlebihan.

Berikut ini adalah cara untuk diet air putih yang baik dan tetap menyehatkan tubuh.

Baca Juga : Pengertian dan Macam-macam metabolisme karbohidrat dalam tubuh

Naikkan Tingkat Konsumsi Air di Masa Produktif

diet air putih dengan menambah takaran air
liveonindian.com

Metode diet air ini akan lebih baik saat kamu menaikan tingkat konsumsi air putih kamu saat masa produktif atau siang hari. Karena dengan meminum air putih saat siang hari akan menurunkan konsumsi minuman berkalori tinggi seperti susu, teh dan kopi yang biasanya akan dilanjutkan dengan cemilan yang menambah kalori.

Selain itu minum air disiang hari juga bisa meningkatkan konsentrasi dan bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga diet kamu tetap sehat dan berjalan dengan aman. Dan apabila kamu kekurangan air, maka bisa terjadi yang sebaliknya yaitu kegemukan.

Karena ginjal kekurangan air, sehingga ginjal tidak bisa bekerja dengan baik. Kemudian ginjal membagi pekerjaannya dengan hati. Karena hati yang tadinya bekerja untuk membakar lemak kemudian diberikan pekerjaan lebih. Jadi hati tidak bisa membakar lemak dengan baik dan menyimpan lemak sehingga terjadi kegemukan.

Minum 2 Gelas Air Sebelum Makan

Hal ini sering disepelekan oleh banyak orang, sebenarnya minum air sebelum makan adalah hal yang penting karena dapat menyehatkan tubuh kita, khususnya untuk kamu yang sedang diet. Dengan meminum 2 gelas air setiap sebelum makan, kamu bisa menurunkan porsi makan kamu.

Karena 2 gelas air sebelum makan bisa membuat kamu kenyang dan sebaiknya minum air ini benar-benar saat kamu ingin makan. Selain sebelum makan, setiap 1 jam sekali kamu juga bisa meminum air sebanyak 3 tegukan sehingga kamu bisa tetap terjaga dari rasa lapar.

Walaupun sudah meminum air 2 gelas sebelum makan, kamu tetap harus mengatur kalori yang kamu makan, karena kalori akan menambah kadar lemak dalam tubuh kamu.

Bacaan Menarik : 10 Manfaat makanan berserat bagi tubuh beserta daftar makanannya

Ganti Minuman Manis Dengan Air Putih

hindari minuman manis saat diet
avoskinbeauty.com

Apabila kamu senang dengan minuman-minuman manis, kamu harus menggantinya dengan air putih. Selain minuman tidak terlalu baik untuk kesehatan, minuman-minuman manis juga mengandung banyak kalori yang bisa menambah gemuk kamu.

Untuk itu kamu harus mengganti minuman manis kamu dengan air putih sehingga kamu bisa diet dengan sehat. Mungkin akan sulit untuk kamu yang sudah terbiasa dengan minum minuman manis. Setidaknya kamu harus mengatur kadar minuman itu. Misalnya, seminggu sekali.

Kurangi Konsumsi Garam

alibaba.com

Selain dengan air putih, dalam air putih kamu tetap harus menjaga dari makanan yang mengandung terlalu banyak garam. Mengurangi konsumsi garam bukan berarti kamu harus benar-benar menghindari garam. Tetapi kamu harus menjauhi makan yang memiliki kadar sodium yang tinggi.

Jadi apabila kamu melihat komposisi makanan yang memiliki garam dan kadar sodium yang tinggi maka lebih baik tinggalkan sementara. Dan apabila kamu senang dengan buah dan sayuran beku juga sebaiknya kamu jauhkan. Karena ada besar kemungkinan sayuran dan buah yang beku sudah diberi garam untuk pengawet.

Jadi lebih baik kamu memiilih sayuran dan buah yang segar. Selain lebih sehat, sayuran dan buah segar juga lebih enak untuk dimakan langsung maupun dijadikan minuman.

Minum Air lebih Dari 4 Liter Sehari

Lebih banyak air lebih baik, tetapi jangan terlalu banyak. Karena apapun yang berlebihan tidak baik, begitu pula dengan air. Maka dari itu lebih baik kamu meminum air lebih dari 4 liter sehari. Tetapi usahakan untuk tidak lebih dari 6 liter sehari karena kurang baik.

Redakan lapar dengan Air

Akan lebih baik apabila kamu meredakan rasa lapar kamu dengan meminum air secukupnya. Sudah ada beberapa orang yang mencoba cara ini. Apabila kamu sudah terasa lapar, kamu bisa coba minum segelas air dan apabila masih terasa lapar maka makanlah sedikit hanya untuk menghilangkan rasa lapar.

Karena apabila kamu tidak mengatur rasa lapar kamu, kamu bisa gagal untuk diet kamu. Untuk itulah cobalah untuk mengatur dengan minum air putih secukupnya.

Detox Air

si-donaldj.blogspot.com

Detox Air atau terapi air juga bisa digunakan untuk diet berat badan. Banyak sekali jenis terapi air yang bisa membantu diet kamu dan tentunya tetap membuat tubuh kamu sehat. Salah satu terapi air yang bisa digunakan adalah Terapi air putih ala jepang.

Untuk cara cukup mudah, berikut ini cara terapi air putih ala jepang :

  1. Minumlah air putih pada pagi hari setelah bangun tidur, jumlah yang disarankan adalah untuk kamu yang sedang diet adalah 640ml air.
  2. Kemudian sikat gigi kamu dan jangan minum atau makan apapun sampai 45 menit setelahnya.
  3. Setelah 45 menit, kamu bisa makan dan minum seperti biasa.
  4. Setelah sarapan, makan siang dan makan malam jangan makan dan minum apapun hingga 2 jam berikutnya.
  5. Pastikan bahwa kamu minum lebih dari 3 liter air setiap harinya.

Minum Air Hangat

Apabila kamu suka dengan air hangat kamu juga bisa menggunakannya untuk metode diet air putih. Selain itu air hangat juga lebih menyehatkan. Kamu bisa meminum air hangat ini saat pagi hari, dan kamu juga bisa menambahkan sedikit jeruk untuk menambahkan rasa pada air hangat tersebut agar tidak hambar.

Seimbangi dengan Olahraga

www.inovasee.com

Air putih pun tentunya tidak akan cukup untuk hasil diet yang memuaskan. Kamu juga harus menyeimbanginya dengan olahraga yang cukup. Dengan olahraga yang cukup tentunya akan sangat membantu proses diet yang sedang kamu lakukan.

Banyak jenis olahraga ringan yang bisa kamu lakukan untuk membantu diet kamu. Contohnya jogging pagi dan sore hari ataupun berenang. Karena berenang juga bisa membakar kalori dalam tubuh kita. Apabila kamu tidak memiliki cukup waktu untuk berolahraga, kamu bisa melakukan sit up setiap pagi.

Mudah bukan untuk melakukan diet air putih ini. Tetapi kalau tidak dibarengi dengan niat yang kuat, metode diet seperti apapun bisa gagal. Maka dari itu kamu harus menguatkan tekad kamu dahulu untuk diet. Karena diet adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan.

Semoga artikel ini bisa membantu kamu yang ingin diet dengan cara yang lebih sehat. Dan semoga artikel ini bisa menjadi amal jariyah bagi yang menyebarkannya.

Sekian Terimakasih.

Leave a Comment