makanan sehat untuk tubuh

5 Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Paling Mudah dan Efektif

Cara meningkatkan metabolisme tubuh – metabolisme merupakan proses alami yang terjadi di dalam tubuh setiap hari. Metabolisme tubuh adalah suatu proses di dalam tubuh manusia yang akan mengubah makanan dan minuman menjadi sebuah energi supaya tubuh dapat melakukan segala aktifitasnya.

Intinya, metabolisme di dalam tubuh itu sangat penting. Karena metabolisme dapat membakar lemak yang terdapat dalam tubuh menjadi  sebuah energi dari hasil proses pembakaran makanan dan minuman (kalori) yang dikonsumsi.

Bagi kamu yang berencana atau sedang berusaha menurunkan berat badan, ada beberapa cara yang efektif kamu lakukan, untuk meningkatkan metabolisme di dalam tubuh lebih optimal ketika proses pembakaran kalori.

Sehingga dengan metabolisme yang baik, akan membantu kamu dalam menurunkan berat badan menjadi lebih mudah dan ideal. Terkhusus bagi kamu yang sudah mendekati umur 40an. Berikut 5 cara efektif yang bisa kamu praktekkan.

1. Rutin Berolahraga

cara meningkatkan metabolisme tubuh dengan berolahraga
brilio.net

Olahraga adalah cara efektif pertama dalam meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Karena dengan berolahraga, tubuh kita banyak melakukan gerakan, yang mana gerakan tersebut nantinya akan membakar kalori di dalam tubuh kita.

Tidak perlu olahraga yang berat-berat, cukup dengan olahraga yang ringan-ringan seperti jogging, senam, tetapi dilakukan secara rutin.

BACA JUGA : Kenali Lebih Jauh Tentang Diet Hipertensi Beserta Cara Sederhana Melaksanakannya

2. Perbanyak Makan Dengan Porsi Yang Sedikit

cara makan sehat
ummi-online.com

Salah satu cara diet yang benar yaitu dengan cara makan 4 sampai 5 kali dalam  sehari, tetapi dengan porsi yang sedikit. Dengan begitu, proses metabolisme tubuh akan bekerja secara optimal. Karena jika makan dengan porsi makan yang banyak, akan menyebabkan penimbunan kalori yang berlebihan dan penurunan berat badan akan terhambat.

Metode lainnya yang dilakukan sebagian orang dalam menurunkan berat badannya yaitu dengan cara puasa selang-seling. Tetapi cara ini tidak semua orang sanggup melakukannya. Makan salah satu cara alternatif yang bisa dilakukan yaitu makan dengan porsi yang sedikit, namun dengan periode yang relatif sering.

3. Perbanyak Minum Air Putih

banyak minum air putih
20fit.co.id

Dalam proses pembakaran kalori menjadi energi, dibutuhkan air yang cukup di dalam tubuh. Agar proses metabolisme bekerja dengan baik. Jika kamu mengalai dehidrasi (kekurangan cairan) di dalam tubuh, tentu akan menghambat proses metabolisme di dalam tubuh.

Dengan memperbanyak minum air putih, hal tersebut dapat melancarkan aliran darah dan menyebarkan gizi ke seluruh tubuh dengan optimal. Selain itu, dengan mengonsumsi air putih yang cukup, dapat menghilangkan racun-racun di dalam tubuh serta melancarkan kinerja ginjal dengan baik.

BACA JUGA : Tips Diet Air Putih Untuk Menurunkan Berat Badan dan Tetap Menyehatkan Tubuh

4. Asupan Protein Yang Cukup

makanan sehat untuk tubuh
disehat.com

Dengan asupan protein yang cukup, dapat meningkatkan proses metabolisme hingga 35%. Untuk itu, kamu bisa meningkat asupan protein ke dalam tubuh agar proses metabolisme di dalam tubuh meningkat.

Namun perlu kamu perhatikan, asupan protein tersebut, usahakan dengan jenis asupan yang rendah dan bebas lemak. Karena seperti yang sudah dijelaskan bahwa lemak adalah salah satu faktor penghambat proses metabolisme di dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi  beberapa jenis asupan protein rendah lemak seperti ikan, telur, tahu dan yang lainnya.

5. Lakukan Diet Yang Sehat

diet sehat meningkatkan metabolisme
tanamanobat.net

Salah satu kesalahan yang banyak orang lakukan yaitu melakukan diet yang ketat (tidak sehat). Mereka yang melakukan diet ketat, memang sangat efektif dalam menurunkan berat badan secara cepat.

Namun perlu kita ketahui bahwa diet ketat dapat memperlambat proses metabolisme di dalam tubuh. Diet yang sehat dilakukan dengan cara mengatur pola asupan kalori.

BACA JUGA : 6 Faktor Penyebab Gagal Diet Beserta Tips Jitu Untuk Mengatasinya

***

Itulah 5 cara meningkatkan metabolisme tubuh yang bisa kamu lakukan. Lakukanlah sewajarnya, selain baik untuk tubuh juga dapat memperlancar prosesnya. Semoga bermanfaat, salam sehat. Terimakasih.

Leave a Comment