Breaking News

Jangan Salah, Kopi Sachet Ternyata Miliki 3 Kelebihan Ini

Jangan Salah, Kopi Sachet Ternyata Miliki 3 Kelebihan Ini

Kopi menjadi minuman paling banyak dinikmati di pagi hari, ataupun ketika sedang berkumpul santai bersama teman. Terbukti dengan banyaknya kedai kopi bermunculan di kota maupun di daerah pedesaan. Namun selain menikmati secangkir kopi hangat di coffee shop, Anda juga dapat menyeduh kopi sachet yang rasanya tak kalah mantap dan nikmat.

Meskipun begitu tak sedikit orang mengatakan jika kopi dalam kemasan sachet terbilang berbahaya bagi kesehatan, benarkah begitu? Faktanya rumor tersebut tidak sepenuhnya benar! Pasalnya coffee sachet juga diciptakan dengan beragam kelebihan dan manfaatnya, diantaranya:

 

  1. Lebih Sedikit Kafein

Mengonsumsi kafein berlebihan bisa mendatangkan masalah bagi tubuh, karena kafein merupakan senyawa dimana dapat memengaruhi fungsi organ tubuh. Apabila dikonsumsi sewajarnya, kafein dapat membantu menjaga fungsi otak, meningkatkan kewaspadaan, memperkuat tubuh, dan lain-lain.

Namun apabila dikonsumsi berlebihan, kafein dapat mendatangkan bahaya mulai dari insomnia, gangguan kesehatan mental, kerusakan otot, hingga masalah pencernaan.

Tak seperti minuman coffee biasa dimana umumnya mengandung kafein sebanyak 70 hingga 140 mg setiap cangkirnya, varian kemasan sachet mengandung kafein jauh lebih rendah yakni hanya 30 hingga 90 mg saja. Bahkan terdapat beberapa varian yang menawarkan coffee dengan kandungan kafein sangat sedikit.

 

  1. Tinggi Antioksidan

Kopi sachet rupanya juga kaya akan antioksidan yang dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, senyawa satu ini juga memiliki manfaat lain yakni menjaga kesehatan kulit, menjaga daya tahan tubuh, mencegah penyakit jantung, hingga meningkatkan kesehatan mata.

Siapa sangka, coffee sachet rupanya juga kaya akan antioksidan. Terbukti dengan sebuah penelitian menyatakan jika kopi jenis ini memiliki kandungan antioksidan lebih tinggi, dibandingkan dengan kopi biasa dengan proses pembuatan manual. Tak hanya itu, kandungan lain seperti vitamin B3, magnesium, serta potasium juga terdapat pada varian saset.

 

  1. Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Minuman coffee tak terkecuali dalam kemasan sachet, juga diklaim dapat membantu meningkatkan kesehatan mental para penikmatnya. Pasalnya, minuman satu ini dapat membantu meningkatkan produksi hormon dopamine dan serotonin dimana berperan penting sebagai pemicu kebahagiaan seseorang.

Selain itu, coffee sachet juga dapat menurunkan risiko depresi hingga 20% lebih rendah jika dibandingkan dengan orang yang jarang mengonsumsinya. Anda pun dapat terhindar dari rasa putus asa yang menjadi penyebab timbulnya stres.

 

Berapa Jumlah Konsumsi Kopi Sachet yang Disarankan Setiap Hari?

Segala hal yang berlebihan tentu tidak baik, tak terkecuali mengonsumsi minuman ini setiap hari. Lantas berapa jumlah konsumsi kopi kemasan sachet yang disarankan setiap harinya?

Batas aman mengonsumsi kafein untuk orang dewasa tanpa riwayat penyakit dan berat badan normal adalah 400 mg per hari, jumlah tersebut setara dengan 4 cangkir minuman coffee. Apabila Anda termasuk orang yang memiliki berat badan kurang, jumlah kafein harian yang dikonsumsi dapat lebih sedikit dari jumlah tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai kelebihan kopi sachet yang selama ini dianggap berbahaya untuk tubuh. Manfaat yang bisa didapatkan rupanya cukup banyak, bukan?